Mendarat di Wakatobi, Presiden Jokowi Disembut Dengan Tari Sajo Moane

0
264

LAMANINDO.COM, WAKATOBI– Setelah bermalam di Kota Kendari, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya (Kunker) ke Wakatobi.

Dengan menggunakan penerbangan Pelita Air Service (PAS), Presiden Jokowi mendarat di Bandara Batahora Wakatobi sekitar pukul 08.30 WITA, pagi tadi.

Pesawat Pelita Air adalah milik PT Pelita Air Service atau biasa disingkat menjadi PAS, merupakan anak usaha dari BUMN yaitu PT Pertamina yang berbisnis di bidang penerbangan.

Di daerah pemilik surga di bawah laut itu, rombongan RI 1 disambut langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno dan Bupati Wakatobi, Haliana serta Danrem 143/Halueo Brigjen TNI Yufti Senjaya, dan Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi.

Di Wakatobi, rombongan Presiden Jokowi disambut dengan Tari Sajo Moane dan pengalungn kain tenun khas Wakatobi. Selain itu, Presiden Jokowi juga diberikan Kampurui atau penutup kepala khas Wakatobi.

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi disambut hangat tokoh adat Wakatobi.

Tari Sajo Moane atau dikenal juga dengan nama Tari Eja-Eja adalah tarian khas yang hanya ada di Pulau Tomia Kabupaten Wakatobi. Tarian ini biasanya dilakoni oleh 20 orang anak usia sekolah dasar.

Arti Sajo Moane sendiri adalah laki-laki yang memainkan tarian. Sama halnya dengan tarian lain, Tari Sajo Moane juga diiringi dengan musik khas dari gendang.

Usai penyambutan tersebut, Presiden Jokowi melanjutkan Kunkernya, menghadiri Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 Wakatobi. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini