Raih Peringkat 1, Pantai Lakadao Menuju Spot Wisata Nasional

0
1061

LAMANINDO.COM, BUSEL– Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih peringkat 1 pada lomba promosi Desa Wisata Nusantara periode Januari-Juni 2022 yang diumumkan di Jakarta, pada Kamis (23/6/2022).

Pemerintah Desa (Pemdes) Burangasi berhasil menyulap Pantai Lakadao menjadi spot wisata yang kini ramai dikunjungi wisatawan. Dengan fasiltas pendukung yang telah dibangun Pemdes sukses mengantarkan desa yang dipimpin La Hamiru tersebut meraih penghargaan dan hadiah sebesar Rp 50 juta.

Pada lomba tersebut, Desa Burangasi dengan spot wisata Pantai Lakadaonya berhasil mengalahkan 1.407 desa di Indonesia yang mengikuti lomba yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT).

Atas prestasi ini, dua piagam diterima. Pertama, piagam penghargaan atas dedikasi dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel yang telah mendukung program pengembangan Desa Wisata tahun 2022 yang diserahkan langsung Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin kepada Pj Bupati Busel, La Ode Budiman.

Kedua, piagam penghargaan atas raihan peringkat 1 serta hadiah uang sebesar Rp 50 juta yang diserahkan Menteri DPDTT, Abdul Halim Iskandar kepada Kepala Desa (Kades) Burangasi, La Hamiru.

Wisata, Pantai Lakadao, Buton Selatan, Busel, Lapandewa, Burangasi
Pantai Lakadao yang terletak di Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Busel, Provinsi Sultra.

Atas penghargaan yang diterima Pemkab Busel, Pj Bupati La Ode Budiman mengucapkan terima kasihnya kepada Kementerian PDTT. “Terima kasih juga untuk seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan selama masa penilaian,” sambungnya.

Dikatakan Budiman, sebagaimana diketahui bahwa saat ini Pemkab Busel memang sedang gencar-gencarnya membangun sektor pariwisata dan kebudayaan. Sejumlah infrastruktur kepariwisataan dibangun untuk kemajuan pariwisata Bumi Gajah Mada Busel.

Gayung bersambut, selain dari Pemkab, Pemerintah Desa (Pemdes) di Busel dengan anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat melalui dana desa (DD) ikut bersinergi dan berkolaborasi membangun sektor kepariwisataan. Alhasil, banyak spot wisata yang kini bangkit dan lahir dari hasil karya masyarakat dan Pemdes. Bahkan beberapa diantaranya berhasil meraih peringkat di tingkat nasional.

Sebut saja, spot wisata Jembatan Lingkar Lapoili di Desa Wawoangi, Kecamatan Sampolawa yang berhasil mengantarkan Busel sebagai penerima penghargaan pada kategori Desa Inovasi se-Indonesia pada tahun 2021 lalu.

Kini, spot wisata Pantai Lakadao di Desa Burangasi, Kecamatam Lapandewa yang berhasil tembus tingkat nasional. Ini menjadi spirit untuk kemajuan pariwisata Busel. Ayo dukung terus pariwisata Busel! (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini