Tingkatkan Kesejahteraan, Budiman Serahkan Bantuan Untuk Nelayan Desa Lawela

0
327

LAMANINDO.COM, BUSEL– Konsistensi Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) dalam peningkatan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat perlu diacungi jempol. Kali ini, Pemkab Beradat itu kembali menggelontorkan bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) bagi 9 kelompok nelayan di Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Sabtu (25/06/2022).

Pj Bupati Busel, La Ode Budiman menuturkan, penyerahan bantuan kepada 9 kelompok nelayan Desa Lawela, Kecamatan Batauga merupakan bentuk keseriusan Pemkab Busel melalui pemerintah desa (Pemdes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana, bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) Lawela tahap pertama tahun 2022 tersebut akan memberi efek positif bagi penerima manfaat.

“Pemkab Busel tidak pernah ingin memberikan bantuan secara instan. Ibarat kata, Pemkab Beradat tidak pernah memberikan ikan untuk langsung dikonsumsi masyarakat. Melainkan, kami hadir memberikan solusi dengan memberikan bantuan yang dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama,” tuturnya.

Kata dia, bantuan yang diserahkan kali ini berupa 9 unit katinting untuk diserahkan kepada kelompok nelayan dengan bobot masing-masing kurang lebih 3 ton. Katinting tersebut pula dilengkapi dengan mesin dengan kapasitas 5,5 Paardenkracht (PK).

“Saya harap bantuan yang diberikan oleh Pemkab Busel dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjang perekonomian masyarakat nelayan Bumi Gajah Mada. Tanamkan jiwa memiliki atas bantuan ini agar dapat dirawat dan dijaga dengan baik untuk kelangsungan hidup yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Pihaknya mendorong agar para nelayan Bumi Gajah Mada mulai melakukan hilirisasi dengan melakukan sejumlah inovasi-inovasi. Dimana, para melayan tidak hanya menjual ikan hasil tangkapannya namun juga produk turunannya.

“Dengan inovasi-inovasi yang dilakukan tentu akan memiliki nilai tambah demi meningkatkan pendapatan keluarga. Setidaknya, disaat tidak bisa melaut karena kondisi cuaca yang tidak mendukung, nelayan tetap memiliki sumber penghasilan dari berjualan produk turunan ikan tersebut,” jelasnya.

Selain pemberian bantuan, pihaknya juga berjanji akan melaksanakan beberapa program pemberdayaan masyarakat nelayan agar dapat lebih produktif dan dapat melihat peluang usaha baru. “Ini adalah tugas kita bersama. Pemkab Busel ada untuk rakyat dan kami tidak akan abai untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini