Terangi Batu Atas, Pemkab Busel Siapkan 3 Unit Pembangkit

0
558

LAMANINDO.COM, BUSEL– Dalam upaya percepatan pemenuhan pasokan listrik sebagai kebutuhan dasar masyarakat Kecamatan Batu Atas, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) terus bergerak cepat. Kali ini, 3 unit pembangkit listrik tenaga diesel dengan kapasitas masing-masing 400 KVA telah disiapkan untuk menerangi pintu masuk Bumi Gajah Mada itu.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Busel, Naviruddin mengaku mendapatkan amanah dalam menindaklanjuti pertemuan yang di helat di Kota Makassar bersama Unit Induk Wilayah (UIW) SULSELRABAR. Dimana dalam pertemuan yang membahas percepatan pasokan listrik untuk masuk di pulau yang menjadi pintu masuk Bumi Gajah Mada tentu dibutuhkan dukungan dari Pemkab Busel.

“Dalam pertemuan beberapa waktu lalu yang dihadiri Manager UP3 PT PLN (Persero) Baubau, Manager UP2K Sultra, PT Wijaya Karya Beton, PT Tjakrindo Mas serta PT Hume Sakti Indonesia sebagai penyedia tiang listrik yang akan menancap di pulau Batu Atas. Kita akan mengkomunikasikan baik itu dari pihak ASDP maupun yang lainnya untuk memberikan kemudahan dalam penyuplaian logistik PLN di Batu Atas,” tuturnya.

Kata dia, saat ini pihaknya telah mendatangkan 3 unit mesin pembangkit listrik yang dibebankan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Busel 2022. Namun sayang, pihaknya tidak mengetahui pasti jumlah rupiah yang dikucurkan untuk pengadaan 3 unit mesin pembangkit listrik tersebut.

“Mesinnya sudah ada di tempat (Kecamatan Batu Atas, red) tinggal dirangkaian saja pada jaringan listrik untuk kemudian segera dinikmati masyarakat Baru Atas. Tinggal tambahan bangunan gedung yang menjadi tempat petugas penjaga mesin saja yang kita bangunkan lagi di sana,” tambahnya.

Dia menambahkan, selain mesin pembangkit yang menjadi tanggung jawab pihaknya, Pemkab Busel juga menanggung pengadaan travo. Dimana, kebutuhan tersebut diyakini akan dianggarkan melalui rencana APBD Perubahan 2022 yang akan dibahas dalam waktu dekat.

“Kita upayakan secepatnya masyarakat Batu Atas menikmati listrik ini dengan baik. Maka dari itu, Pemkab Busel berupaya keras demi mewujudkan mimpi itu untuk jadi nyata,” jelasnya.

Pemasangan mesin-mesin diesel di sejumlah titik di Kecamatan Batu Atas itu lanjut Naviruddin, merupakan bukti komitmen Pemkab Busel dalam mendorong ekonomi warga yang tinggal di pulau terdepan Negeri Beradat itu. Terlebih, wilayah Kecamatan Batu Atas sangat mengharapkan ketersediaan pasokan listrik sebagai kebutuhan dasar masyarakatnya.

“Persoalan pasokan listrik Baru Atas sudah dicanangkan oleh La Ode Arusani selaku Bupati Buton Selatan kala itu. Dan saat ini, La Ode Budiman kembali melanjutkan kerja nyata rencana strategis daerah Buton Selatan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang mendiami Pulau terdepan Bumi Gajah Mada itu,” tutupnya. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini