Pemkot Baubau Gelar Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

0
279
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse didampingi Plh Sekda Baubau, MZ Tamsil Tamim dan Kepala BKPSDM Baubau, Abdul Rahman. FOTO: DOC. KOMINFO BAUBAU

LAMANINDO.COM, BAUBAU– Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dibawah kepemimpinan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse melakukan uji kompetensi/job fit terhadap pejabat tinggi pratama atau yang lebih dikenal dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di salah satu hotel di Kota Baubau, Sabtu (18/3/2023).

Uji kompetensi/job fit tersebut dibuka oleh Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan turut dihadiri oleh Plh Sekda Kota Baubau, MZ Tamsil Tamim dan Kepala BKDD Abdul Rahman.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse meengatakan, uji kompetensi merupakan mekanisme yang diamanatkan oleh peraturan perundang- undangan untuk memberikan resume objektif dan mengungkap gambaran potensi, kompetensi dan kemampuan para pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II). Output dari kegiatan ini akan menjadi dasar pertimbangan bagi Wali Kota Baubau sebagai pejabat pembina kepegawaian, untuk melakukan rotasi/mutasi dan menempatkan sosok yang cocok, tepat dan sesuai dengan suatu jabatan tertentu.

Menurut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, saat ini salah satu fokus yang dilakukan adalah membenahi birokrasi sehingga dapat optimal mencapai finalisasi target dan sasaran visi misi Tampil Manis, sekaligus menjadi booster bagi terselenggaranya roda pemerintahan yang efektif dalam memberikan pelayanan tanpa sekat. dalam rangka melaksanakan pembenahan tersebut, salah satunya adalah kegiatan uji kompetensi/job fit ini.

“Uji kompetensi kali ini dilakukan terhadap seluruh pimpinan perangkat daerah yang memenuhi kriteria, khususnya dalam masa darurat covid-19, yakni minimal telah menduduki jabatan selama 1 tahun. Di samping itu, kami juga diberikan kesempatan oleh KASN untuk melakukan job fit terhadap 5 (lima) pejabat pimpinan tinggi pratama yang di rotasi pada bulan november 2022 lalu,” ujarnya.

Ditambahkan, apa yang dilakukan Pemkot Baubau saat ni merupakan bentuk Kota Baubau dalam melaksanakan sistem merit sesuai Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku,yakni Undang-Undang ASN, Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Permenpan RB Nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbukan dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kegiatan ini, pihaknya telah membentuk Panitiia Seleksi (Pansel) yang terdiri dari unsur internal birokrasi dan eksternal akademis. hal tersebut dikandung maksud sebagai instrumen objektif untuk menggali dan mengukur kemampuan yang dimiliki oleh pejabat yang dijob fit, sekaligus memberikan pertimbangan multi dimensi, yakni dari sisi teknokratis yang diwakili oleh unsur internal Pemkot Baubau, dan pertimbangan objektif akademik dan sosial kultural, yang tercermin dari anggota Pansel yang berasal dari unsur perguruan tinggi, yakni Rektor Unidayan, Rektor Universitas Muhamadiyah Buton dan Rektor Universitas Muslim Buton.

Keterlibatan civitas akademika dalam Pansel, juga merupakan salah satu bentuk dari ruang- ruang kerja sama dan saluran kolaborasi dengan perguruan tinggi lokal di Kota Baubau dalam membangun negeri ini. Hal ini adalah salah satu perwujudan nyata dari komitmen pelayanan tanpa sekat yang dimiliki oleh Pemkot Baubau, yakni dengan merajut kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan, untuk bersinergi mewujudkan kota baubau maju kotanya, sejahtera dan berbudaya masyarakat.

Melalui kesempatan ini, Monianse juga menitip pesan kepada semua peserta uji kompetensi untuk fokus mengikuti kegiatan ini dan menunjukan kualitas terbaiknya kepada Pansel. ”Yakinkan Pansel bahwa saudara-saudara adalah talenta- talenta terbaik yang dimiliki daerah ini. karena out put dari kegiatan ini adalah rekomendasi jabatan yang sesuai dengan kualifikasi, kompetensi dan kinerja saudara-saudara. Kami berharap, agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan hasil yang berkualitas sebagaimana yang kita harapkan bersama untuk kepentingan dan kemajuan daerah yang kita cintai bersama,” tutupnya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini