Pemkab Busel Peringati Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Nurul Fitri Batauga

0
333
Pj Bupati Busel, La Ode Budiman, saat memberikan sambutan peringatan Nuzulul Qur'an i Masjid Agung Nurul Fitri Batauga, Jumat, 17 Ramadan 1444 Hijiriah/7 April 2023 Masehi.

LAMANINDO.COM, BUSEL- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan memperingati Nuzulul Qur’an yang merupakan peristiwa turunnya wahyu pertama surah Al-Alaq kepada Nabi Muhammad SAW yang terjadi saat malam sepertiga akhir atau pada 17 Ramadan. Peringatan dilaksanakan di Masjid Agung Nurul Fitri Batauga, Jumat, 17 Ramadan 1444 Hijiriah/7 April 2023 Masehi.

Peringatan dihadiri langsung Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman SKM.,M.MKes. Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton Selatan, Drs H.Mukhtar, S.Pd.I, Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, para Kabag, Camat, Ketua TP PKK, Ketua Baznas, dan segenap masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman SKM.,M.MKes mengatakan, peringatan Nuzulul Qur’an tidak lain semata-mata adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Nuzulul Qur’an adalah malam yang lebih baik dari 1.000 bulan yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Kiya patut bersyukur sebagai umat islam, karena dengan turunnya Al Qur’an ini sebetulnya memberikan dampak positif yang baik bagi kita semua,” katanya.

Menurutnya, Islam adalah agama yang lengkap. Olehnya ia pun mengajak seluruh umat muslim agar Al Qur’an tidak hanya dilihat tetapi dibaca dan diamalkan untuk menjadi manusia yang lebih baik de depan.

Kepala Kantor Kemenag Buton Selatan, Drs H.Mukhtar, S.Pd.I menambahkan, Momen ini sebaiknya dimanfaatkan setiap muslim untuk meraih hikmah puasa dan Al Qur’an.

Sementara pembawa hikmah Nuzulul Qur’an, Saniru, S.Sos menyampaikan, peristiwa Nuzulul Qur’an dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran.

Pada malam turunnya Al Qur’an ini dipercaya bahwa malaikat diutus oleh Allah SWT untuk turun ke bumi. Mereka diperintahkan untuk memberikan doa kepada setiap orang yang beribadah. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini