Dishub Baubau Bangun 221 Titik Lampu Jalan pada 2023

0
176
Kepala Bidang Prasarana dan PJU Dishub Baubau, Nasrun

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau membangun 221 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) pada 2023 ini guna mencegah aksi kriminalitas, mempercantik kota dan mendukung aktivitas perekonomian di malam hari.

Kepala Bidang Prasarana dan PJU Dishub Baubau, Nasrun mengatakan, ratusan lampu PJU itu tersebar di 24 titik, paling banyak akan dibangun di wilayah Kecamatan Murhum dan Betoambari. Program ini direalisasikan salah satunya atas usulan masyarakat melalui Musrembang.

“Terkait dengan PJU ini, ada usulan dari Dinas, usulan masyarakat melalui Musrembang dan dari pokok pikiran anggota DPRD atas hasil reses dimasyarakat kemudian menjadi masukan buat kami di Dinas,” ungkap Nasrun, Jum’at (2/6/2023).

Dikatakannya, jumlah lampu PJU yang akan dibangun tahun ini lebih banyak dibanding tahun 2022 lalu sebanyak 183 titik. Pekerjaan fisik pembangunan lampu PJU akan dimulai dua minggu lagi.

“Sekarang sudah selesai tahap perencanaan. Mungkin dua minggu lagi sudah berproses pekerjaan fisik karena kita tender dengan total anggaran kurang lebih Rp4,5 miliar,” ungkapnya.

Nasrun mengatakan, pekerjaan fisik pemasangan ratusan lampu jalan tersebut akan memakan waktu kurang lebih tiga bulan. Dengan tambahan tersebut, maka total lampu PJU yang sudah dibangun Pemkot Baubau kurang lebih 3.200 titik.

Pun begitu kata Nasrun, pembangunan lampu PJU akan terus diprogramkan Dishub Baubau karena belum merata disemua wilayah.

“Kalau seluruh wilayah sudah tersebar, tapi belum merata. Masih ada lokasi yang belum. Kedepan, kalau kita lihat lokasi baru membutuhkan penerangan, maka kita akan usulkan pembangunan lampu jalan,”ungkapnya.

Disamping itu, Dishub Baubau tiap tahun menganggarkan dana pemeliharaan jika sewaktu-waktu lampu jalan mengalami kerusakan. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini