Dinas Pertanian Baubau Berbagi Tips Memilih Daging Sehat

0
201
Salah satu pedagang daging di Kota Baubau

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Memilih daging dengan kualitas terbaik, bebas bakteri dan penyakit tentu menjadi hal lumrah bagi para kaum ibu saat berbelanja di Pasar.

Untuk mendapatkan daging sehat dan bergizi Dinas Pertanian Kota Baubau melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Jusriati berbagi tips aman agar sajian daging saat lebaran tidak membawa danpak buruk bagi Kesehatan.

Hal yang perlu diperhatikan kata Jusriati adalah sanitasi dan kebersihan tempat berjualan. Pastikan daging yang dijual beralas plastic ataupun daun serta tidak dihinggapi lalat hijau.

“Kalau dihinggapi lalat hijau,daging sudah mendekati pembusukan, pastikan daging saat dijual tidak disimpan sembarangan misalnya diatas aspal atau wadah yang tidak higienis,”ungkapnya.

Tips lainnya yakni mencium bau daging. Kata Jusriati daging sapi segar pasti beraroma khas sapi. Selanjutnya dari sisi warna daging sapi segar biasanya berwarna merah cerah atau merah tua.

Daging Sapi segar pun dapat dilihat dari konsistensi daging dimana saat ditekan daging kembali ke posisi semula dan tidak benyek apalagi hancur.

“Kadang juga ada pedagang nakal yang mengelabui pembeli dengan menyiram darah sapi segar ke daging yang sudah lama, memang masih layak konsumsi tetapi caranya yang tidak benar karena membohongi konsumen,”tambahnya.

Lanjutnya, selama beberapa tahun terakhir belum ada kasus temuan daging busuk di Pasar kota Baubau. Untuk itu masyarakat diharapkan tetap jeli dalam berbelanja agar sajian pangan saat lebaran tetap sehat dan bernutrisi bagi tubuh.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini