Wali Kota Baubau Minta ASN Inovatif

0
147
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse ketika membuka sosialisasi Indeks Inovasi Daerah disalah satu hotel di Baubau

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menekankan pentingnya inovasi dilakukan suatu daerah untuk menuju sebagai daerah yang maju. Karena itu diperlukan ide atau kegiatan yang inovatif oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Disamping itu sangat diperlukan adanya upaya untuk memadukan kreativitas dalam meningkatkan daya saing daerah. Kegiatan kreativitas, inovasi dimaksud yang sejalan dengan keinginan bersama untuk memberikan pelayanan tanpa sekat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” kata Ahmad Monianse ketika membuka sosialisasi Indeks Inovasi Daerah disalah satu hotel belum lama ini.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 386 sampai dengan 390 menerangkan bahwa inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam mencapai tujuan tersebut.

“Sasaran inovasi daerah diharapkan dapat mengarah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat melalui pemberdayaan dan peran yang untuk serta masyarakat untuk melahirkan daya saing daerah yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Monianse mengatakan, bentuk inovasi daerah diartikan semua bentuk pembaharuan meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan. Implementasinya dalam tata kelola pemerintahan meliputi penataan tata kelola internal dalam pelaksanaan fungsi manajemen dari pengelolaan unsur manajemen, pelayanan publik, meliputi proses pemberian layanan barang/jasa publik, serta inovasi jenis dan bentuk barang/jasa publik, serta bentuk inovasi daerah lainnya.

“Kriteria inovasi daerah sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 pasal 6 tentang inovasi daerah yakni mengandung pembaharuan sebagian atau seluruh unsur inovasi. Kemudian, memberi manfaat bagi daerah dan / atau masyarakat. Tidak mengakibatkan pembebanan / pembatasan pada masyarakat. Disamping itu, merupakan unsur pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, serta dapat direplikasi,” jelasnya.

Sementara yang dimaksud dengan indeks inovasi daerah jelas Wali Kota adalah himpunan inovasi daerah diseluruh indonesia dalam suatu aplikasi yang dijadikan pusat data inovasi daerah yang dapat keperluan dimanfaatkan untuk berbagai pengkajian, pengembangan inovasi daerah.

“Olehnya itu diharapkan lewat kegiatan ini menjadi langkah maju guna pengembangan inovasi dalam pemerintahan penyelenggaraan daerah di kota Baubau yang lebih kreatif dan inovasi serta meningkatkan indeks inovasi daerah Kota Baubau yang berada di kategori kurang inovatif menjadi sangat inovatif,” harapnya.(**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini