La Ode Budiman akan Upayakan Cari Solusi Masalah Air Bersih di Batu Atas

0
77
Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman

LAMANINDO.COM, BUSEL- Masalah ketersediaan air bersih di Kecamatan Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan (Busel), telah menjadi perhatian serius bagi pemerintah setempat. Sejak zaman kepemimpinan bupati sebelumnya hingga saat ini di bawah kepemimpinan Pj Bupati La Ode Budiman, upaya untuk menangani permasalahan ini terus diupayakan.

Sejumlah langkah telah diambil oleh pemerintah daerah, termasuk melakukan pengeboran tanah untuk mencari sumber air bersih. Namun, hasil dari upaya ini belum memuaskan, dengan air yang ditemukan kebanyakan bersifat payau dan belum sepenuhnya tawar.

Menanggapi situasi ini, Pj Bupati La Ode Budiman menyatakan bahwa kondisi geografis daerah menjadi salah satu faktor yang menyulitkan pencarian sumber air bersih. Namun, dia menegaskan bahwa pemerintah daerah tidak akan menyerah begitu saja. Upaya terus dilakukan untuk memastikan masyarakat di Kecamatan Batu Atas memiliki akses terhadap air bersih yang layak.

“Dalam menghadapi persoalan ini, kami akan mencari titik-titik sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batu Atas,” ungkap La Ode Budiman.

Meski demikian, jika hingga saat ini belum ditemukan sumber air bersih yang layak, pihak pemerintah daerah akan mencoba melalui proses penyulingan air. Namun, proses ini tidak mudah dan membutuhkan biaya yang sangat besar.

“Mengestimasi bahwa untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh masyarakat Kecamatan Batu Atas, melalui penyulingan air, diperlukan anggaran sekitar 200 miliar rupiah” Ungkap Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman

Pengalaman penyulingan air bersih yang sukses di tempat lain juga telah dikonsultasikan oleh La Ode Budiman. Namun, keterbatasan anggaran menjadi kendala dalam mencapai solusi yang optimal.

Saat ini, masyarakat Batu Atas dihadapkan pada kenyataan yang sulit, dengan menggunakan air hujan sebagai sumber air harian mereka. Beberapa warga telah melakukan langkah mandiri dengan membangun bak penampungan air di rumah masing-masing untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

La Ode Budiman, sebagai kepala daerah pemerintahan Kabupaten Buton Selatan, menegaskan bahwa pemerintahnya tidak akan tinggal diam dalam menghadapi permasalahan ini. Upaya terus akan dilakukan untuk mencari solusi yang berkelanjutan agar masyarakat Kecamatan Batu Atas bisa memiliki akses yang memadai terhadap air bersih.

“Semoga kami berhasil menemukan sumber air bersih yang layak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kecamatan Batu Atas. Hal ini akan membawa dampak positif bagi kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat” tutupnya.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini