Rapat Paripurna, Pidato Pj Bupati Busel Menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78

0
193
Pj Bupati Kabupaten Buton Selatan, La Ode Budiman, saat berpidato dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, di Gedung Wisata, Kecamatan Batauga

LAMANINDO.COM, BUSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Selatan (Busel) mengadakan rapat Paripurna untuk mendengarkan Pidato Pj Bupati Busel dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Acara ini berlangsung di gedung wisata, kecamatan Batauga, pada Rabu 16 Agustus 2023.

Dalam pidato Pj Bupati Busel, La Ode Budiman, diungkapkan bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945, Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari penjajahan yang terjadi sekitar 78 tahun yang lalu. Pada masa itu, rakyat Indonesia berjuang dengan gigih, mengorbankan jiwa dan raga, serta nyawa mereka, sehingga kemerdekaan Indonesia dapat dinikmati hingga saat ini.

“Semangat perjuangan para pahlawan ini menjadi sumber inspirasi dan modal utama bagi generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan daerah. Momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan adalah peluang bagi bangsa Indonesia untuk terus maju melalui kolaborasi, semangat perjuangan, dan upaya pembangunan yang sinergis” Ucap La Ode Budiman.

Pemerintah Daerah (Pemda), beserta seluruh kecamatan di Buton Selatan, bersama-sama merayakan HUT RI ke-78 dengan berbagai kegiatan olahraga, seni, dan keagamaan. Ini merupakan bagian dari rangkaian acara untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Dalam kesempatan itu La Ode Budiman, juga menyampaikan, semangat Perjuangan Kemerdekaan Indonesia menjadi inspirasi dan motivasi bagi Kabupaten Buton Selatan untuk terus bergerak maju melalui pembangunan daerah dan pencapaian prestasi yang produktif.

365729379_152120147922758_2870108030174975322_n

Selain itu, meski mengalami tantangan, pembangunan di Buton Selatan telah menunjukkan perkembangan yang baik pada tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi mencapai 3,90 persen dengan dampak yang positif setelah melalui pandemi Covid-19, dan angka kemiskinan berhasil turun menjadi 14,41 persen.

“Tantangan lain yang masih dihadapi adalah angka stunting dan pengangguran yang masih mencapai 4,18 persen. Namun, hal ini menjadi titik fokus untuk perbaikan ke depan. Pada tahun 2023, angka tersebut diharapkan dapat mencapai 0 persen di Buton Selatan” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Ini adalah merupakan tindakan yang harus dilakukan guna mendorong kelanjutan perjuangan menuju menuju kesuksesan. Salah satu upaya utamanya adalah melanjutkan pembangunan di wilayah Buton Selatan dan memperkuat melalui berbagai kegiatan yang akan mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Tantangan-tantangan dalam pembangunan yang menjadi perhatian bersama tentu dapat diatasi dengan semangat dan potensi yang dimiliki, terutama dalam sektor perikanan yang kaya akan sumber daya alam dan sektor pertanian yang luas, yang memiliki dampak besar dalam pembangunan wilayah Buton Selatan” ujarnya.

Dengan mengoptimalkan pengelolaan potensi secara profesional, dapat memberikan kontribusi nyata bagi daerah dan masyarakat Buton Selatan. Penting juga untuk memastikan efisiensi dalam manajemen pemerintahan agar semua sektor dapat terdongkrak.

La Ode Budiman juga menambahkan, bahwa, pertimbangan dalam pembangunan wilayah Buton Selatan harus selaras dengan kondisi sosial dan aspirasi masyarakat yang terus berkembang. Semangat peringatan HUT RI ke-78 harus tercermin dalam usaha untuk terus maju dalam pembangunan, mencapai kesejahteraan masyarakat, membangun otonomi yang kuat dan adil, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Saya mengajak generasi penerus untuk semakin memperkuat nilai-nilai keagamaan dan nasionalisme, serta menjaga kebersamaan agar Buton Selatan tetap harmonis dan stabil” tambahnya

Dalam kesempatan itu juga, La Ode Budiman, menyampaikan bahwa peran DPRD Kabupaten Buton Selatan selalu berkomitmen dalam membangun daerah sangatlah penting.

“Ucapan terima kasih juga patut disampaikan kepada unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Buton Selatan atas dukungannya kepada Pemda dalam menjalankan amanah untuk mewujudkan cita-cita dan kesuksesan Buton Selatan” tutupnya.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini