Politik Uang Dinilai Masih Menjadi Tantangan Pemilu 2024

0
173
Kantor Bawaslu Kota Tangerang dimana komisionernya memetakan kerawanan Pemilu 2024 diwilayahnya.

LAMANINDO.COM, TANGERANG- Bawaslu menyatakan indeks kerawanan pemilu (IKP) di Kota Tangerang masih sangat tinggi. Didominasi oleh ketidaknetralan ASN serta money politic (politik uang).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang, Komarrulloh mengatakan, Kecamatan Ciledug menjadi menjadi wilayah tertinggi yang masuk dalam IKP di Kota Tangerang. Hal itu berdasarkan hasil pemetaan kerawana pelanggaran Pemilu 2024.

“Kami melakukan pemetaan potensi adanya kerawanan pelanggaran saat Pemilu 2024. Kecamatan Ciledug menjadi salah satu wilayah yang tertinggi masuk dalam IKP di Kota Tangerang,” ujar Komarrulloh, Rabu (23/8/2023).

Dari 13 kecamatan di Kota Tangerang, terdapat tiga kecamatan lain yang masuk ke dalam IKP 2024. Tiga kecamatan lain setelah Ciledug adalah Kecamatan Batu Ceper, Kecamatan Benda serta Kecamatan Neglasari.

“Kita telah petakan dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Empat wilayah itu berpotensi terjadi kerawanan pemilu, seperti money politik, sara, hoaks dan netralitas ASN,” ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, Bawaslu Kota Tangerang pun kini tengah berupaya melakukan berbagai langkah pencegahan. Mulai dari memberikan edukasi terkait money politic, hingga menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahayanya kerawanan pelanggaran tersebut.

“Selain itu, kami juga memberikan edukasi terkait money politic, agar jangan sampai itu terjadi. Kami juga menguatkan setiap panwascam serta maksimalkan juga tokoh masyarakat dan tokoh pemuda,” katanya.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini