Satu Unit Rumah Warga Ludes Terbakar

0
439
Rumah Terbakar, Kebakaran Rumah, Musibah Kebakaran
Rumah warga di Desa Waonu, Kecamatan Kadatua yang ludes terbakar.

LAMANINDO.COM, BUSEL– Satu unit rumah warga di Desa Waonu, Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ludes terbakar pada Selasa (5/9/2023).

Rumah permanen tersebut adalah milik Saharudin yang saat kerjadian sedang berada di Kecamatan Talaga Raya, Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Sementara di rumah saat itu hanya ada anak pemilik rumah.

Kepala Desa (Kades) Waonu, Suharno mengungkapkan, musibah kebakaraan itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Api diduga berasal dari selang tabung gas yang bocor, dan kompor yang masih menyala.

“Menurut keterangan yang kami peroleh, saat itu di rumah hanya ada anak dari pemilik rumah yang sedang memasak menggunakan tungku biasa. Tetapi di sekitar itu ada kompor gas, yang selang gasnya diduga bocor, sehingga api dengan cepat menyambar selang bocor itu,” jelas Suharno saat dikonfirmasi Lamanindo.com.

Lebih lanjut Suharno mengatakan, saat itu ada upaya yang dilakukan anak pemilik rumah dengan menutup sumber api dengan kain basah. Namun, upaya itu tidak berhasil dan api dengan cepat merambah di bagian rumah yang mudah terbakar.

“Dapurnya itu terbuat dari kayu dan kondisi cuaca panas seperti saat ini sehingga jadi mudah terbakar. Selain itu, plafon rumah juga masih menggunakan terpal, jadi api cepat merambah di rumah induk,” jelasnya lagi.

Saat kejadian tidak banyak yang bisa dilakukan masyarakat untuk menyelamatkan isi rumah. Kondisi api yang cepat melahap bangunan rumah, sementara ketersedian air sangat terbatas.

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian atas musibah tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Atas kejadian musibah kebakaran yang dialami warganya tersebut, Kades Suharno telah melaporkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, dan Dinas Perumahan. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini