Pesta Adat Jadi Instrumen Nyata Memajukan Pembangunan Buton Selatan

0
3116
Pesta Adat, Adat Meta Ua, Kecamatan Siompu, Buton Selatan
Penyambutan Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman (kemeja hijau) saat menghadiri pesta adat Meta Ua, Kecamatan Siompu, Buton Selatan, Provinsi Sultra.

LAMANINDO.COM, BUSEL– Pj. Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Budiman bersama jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel, serta Wakil Ketua DPRD Busel, Aliadi, menghadiri acara puncak pesta adat Meta Ua di Baragu Binawawakili, Kecamatan Siompu, pada Sabtu (9/9/2023).

Budiman menyatakan bahwa pesta adat Meta Ua harus terus dipertahankan dan dilestarikan sebagai bagian tak terpisahkan dari warisan budaya daerah Bumi Gajah Mada Busel.

Dijelaskan, pesta adat bukan hanya sekadar acara hiburan semata tetapi juga merupakan sarana yang penting dalam membangun dan memperkuat hubungan silaturahmi antara semua komponen masyarakat di Busel terutama masyarakat yang tinggal di pulau Siompu.

“Dalam situasi di mana banyak masyarakat Buton Selatan berada di luar daerah, pesta adat memiliki peran yang signifikan dalam membawa mereka kembali ke daerah untuk membangun silaturahmi dengan keluarga dan masyarakat setempat,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Budiman, kedatangan kembali masyarakat Busel yang berasal dari luar daerah diharapkan dapat menghasilkan dampak positif dalam menghidupkan perekonomian di daerah tersebut khususnya di Kecamatan Siompu.

Namun pesta adat Meta Ua tidak hanya bersifat simbolis, melainkan juga merupakan salah satu instrumen nyata dalam memajukan pembangunan daerah. Oleh karena itu Bupati Budiman sangat berharap agar stabilitas keamanan di daerah tetap terjaga dengan baik sehingga gerakan pembangunan yang sedang berlangsung dapat terus berlanjut.

IMG_20230910_114305
Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman didampingi Wakil Ketua DPRD Busel, Aliadi dan  Pj. Sekda Busel, La Ode Mpute serta Kadis Kebudayaan Busel, La Ode Haerudin di Baruga Binawakili, Kecamatan Siompu.

Dalam mempertahankan pesta adat sebagai penopang pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel bekerja sama dengan berbagai pihak terkait termasuk tokoh adat, pemuka agama dan komunitas masyarakat berupaya secara bersama-sama untuk melestarikan nilai-nilai adat dan budaya yang terkandung dalam pesta adat Meta Ua ini.

Bupati Budiman juga mengungkapkan bahwa melalui pengembangan dan promosi pesta adat diharapkan masyarakat luas dapat semakin menghargai, memahami dan ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian warisan budaya yang menjadi identitas bangsa ini. Dengan begitu pesta adat bisa menjadi modal sosial yang kuat dalam memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat Busel serta membawa manfaat bagi pembangunan daerah secara keseluruhan.

Dengan keyakinan ini Bupati Budiman optimis pesta adat Meta Ua akan terus berlangsung dan memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat jalinan kebersamaan di antara masyarakat Busel yang beragam serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah.

Penulis: Adjie
Editor: Sarmini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini