Pemkab Busel dan PLN Sulselrabar Sepakat Dukung Pengembangan Home Industri di Pulau Batuatas

0
617
Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman dan General Manager (GM) PLN Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin.

LAMANINDO.COM, MAKASSAR– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan bangun kerjasama dengan PLN Sulawesi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) untuk pengembangan home industri di Pulau Batuatas.

Kesepakatan kerjasama itu terbangun dalam pertemuan antara Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman dengan General Manager (GM) PLN Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin, pada Selasa (10/10/2023), yang diyakini akan berdampak positif bagi pembangunan ekonomi di Kecamatan Batuatas.

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 1300 Volt untuk mendukung pengembangan industri rumahan di Pulau Batuatas.

Kecamatan Batuatas, Kabupaten Busel, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai pusat industri rumahan. Namun akses terbatas terhadap pasokan listrik yang stabil dan andal selama ini menjadi salah satu hambatan utama dalam pengembangan sektor tersebut.

Dalam pertemuan tersebut Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman mengungkapkan kepentingan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendiversifikasi ekonomi di daerahnya.

“Kami menyadari pentingnya pengembangan industri rumahan untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Namun kendala utama yang selama ini kami dihadapi adalah keterbatasan pasokan listrik yang dapat diandalkan. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi inisiatif PT. PLN Sulselrabar untuk membangun PLTS 1300 V di Pulau Batuatas,” ujar Budiman.

IMG-20231010-WA0004
Pertemuan antara Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman dengan GM PLN Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin bersama jajarannya.

Sementara itu, GM PT. PLN Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan, pembangunan PLTS akan memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masalah ketersediaan listrik di Pulau Batuatas. “Dengan adanya PLTS 1300 V kami akan mampu memasok listrik yang memadai dan terus menerus untuk mendukung perkembangan industri rumahan di Pulau Batuatas. Selain itu, tenaga surya sebagai sumber energi yang digunakan juga memiliki keunggulan dalam hal keberlanjutan dan ramah lingkungan,” jelas Moch. Andy Adchaminoerdin.

Program pembangunan PLTS 1300 V di Pulau Batuatas diperkirakan akan dilaksanakan pada tahun 2024. Selain akan memberikan akses listrik yang andal pembangunan PLTS ini juga diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung lainnya seperti jaringan internet dan sistem komunikasi.

Pembangunan PLTS akan membawa perubahan positif dalam meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan ekonomi di daerah tersebut. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi dalam industri rumahan di Pulau Batuatas.

Dengan adanya kemitraan antara Pemkab Busel dan PT. PLN Sulselrabar diharapkan pengembangan sektor industri rumahan di Kecamatan Batuatas dapat dipercepat. Dan program ini merupakan langkah maju dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Editor: Sarmini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini