Polres Baubau Deklarasi Damai Pemilu 2024

0
175
Polres Baubau Deklarasi Damai Pemilu 2024 Bersma Forkopimda dan Parpol,

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Wujudkan penyelenggaraan pesta demokrasi yang aman, tertib dan berintegritas Kepolisian Resort (Polres) Baubau menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan daerah, penyelenggara pemilu dan partai politik dalam deklarasi damai pemilu 2024.

Kegiatan bertempat di pelataran Pantai Kamali itu melibatkan 18 partai politik dimana 6 diantaranya tidak hadir.

Seluruh Pimpinan Partai menandatangani kesepakatan deklarasi damai yang diawali Partai Politik berikut Forkopimda Kota Baubau dan penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu.

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk mengatakan, perkembangan dan dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan komunal, maupun kontak fisik antar kelompok massa berseberangan, yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu.

Atas peta konflik tersebut lanjut Kapolres, diharapkan seluruh pihak tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan tidak memihak dalam penyelenggaraan pemilu.

“Semoga pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024 di wilayah hukum Polres Baubau dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan tercapai tujuan sebagaimana yang diharapkan,” harapnya.

Lanjut Kapolres kerjasama antara penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan pihak keamanan dengan masyarakat, sangat membantu menciptakan stabilitas keamanan daerah selama pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024.

Diharapkan Kepada pihak lembaga terkait dapat memberikan wawasan politik kepada masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas dan tetap waspada serta mengantisipasi langkah dan upaya kelompok – kelompok tertentu khususnya dalam permainan isu sara.

Sementara Pj. Wali Kota Baubau Muh Rasman Manafi mengapresiasi langkah Polres Baubau menginisiasi deklarasi damai Pemilu.

“Sekarang kata damai itu bukan karena ada permusuhan tetapi kita sudah dapat mengindentifikasi atau tindakan preventif kita akan ada perbedaan, dan perbedaan itu cikal bakal dari hal yang tidak kita inginkan, sehingga kita lakukan didepan untuk bersepakat,” ujarnya.

Baginya kesepakatan damai yang telah dideklarasikan seluruh pihak patut diwujudkan sebelum Pemilu demi mencegah anarkisme dan gesekan yang dapat memecahah belah kehidupan bermasyarakat.

Dikatakan Rasman stabilitasi keamanan daerah merupakan satu dari 8 point tugasnya selama menjabat Pj. Wali Kota.

Diakhir deklarasi, dilanjutkan simulasi pengamanan kota pemilu 2024 yang melibatkan 350 personil polres Baubau.(**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini