Pj. Bupati Buton Selatan Serahkan Sertifikat Kecakapan Nelayan dan Operasi Penangkapan Ikan

0
671
buton selatan
Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman menyerahkan 175 Sertifikat Kecakapan Nelayan (SKN) dan Sertifikat Operasi Penangkapan Ikan (SOPI) kepada para nelayan di Kecamatan Sampolawa dan Kecamatan Lapandewa.

LAMANINDO.COM, BATAUGA – Dalam gelaran Safari Ramadhan 1445 H, Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman dan timnya turut menghadirkan inisiatif baru dengan meluncurkan program pemberian 175 Sertifikat Kecakapan Nelayan (SKN) dan Sertifikat Operasi Penangkapan Ikan (SOPI) kepada para nelayan di Kecamatan Sampolawa dan Kecamatan Lapandewa, pada Minggu (17/03/2024).

Program tersebut merupakan upaya nyata pemerintah daerah dalam memberdayakan nelayan dengan memberikan perlengkapan administratif yang diperlukan untuk menjalankan aktivitas penangkapan ikan, baik di perairan lokal maupun di luar wilayah daerah.

Kepala Dinas Perikanan Buton Selatan, La Kali menjelaskan, sertifikasi ini tidak hanya menjadi syarat mutlak, tetapi juga memberikan perlindungan hukum dan kemudahan akses dalam beraktivitas melaut.

“SKN bagi nelayan sangat penting, seperti SIM bagi pengendara kendaraan bermotor,” kata La Kali.

“Kami juga mendorong pelatihan teknis selama tujuh hari bagi nelayan untuk mendapatkan sertifikat ini. Bahkan kami juga sudah selenggarakan pelatihan seperti ini sebanyak tiga kali dengan bantuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan,” tambahnya.

Img 20240320 205749
Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman didampingi Pj. Ketua TP-PKK, Yuniar Budiman dan Pj. Sekda, La Hardin pose bersama masyarakat penerima SKN.

Seorang nelayan yang mendapatkan sertifikat menyatakan apresiasi atas program ini, mengungkapkan bahwa SKN dan SOPI telah membantu mempermudah proses perizinan berlayar, terutama di wilayah luar daerah.

Sementara itu, Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman menegaskan, komitmen pemerintah daerah untuk terus memperhatikan nasib nelayan yang belum terjangkau oleh program ini, dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan mereka.

Kegiatan ini ditutup dengan buka puasa bersama dan pelaksanaan ibadah shalat Maghrib dan Isya berjamaah, serta ceramah agama sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1445 H di Desa Bahari. (sr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini