Lia Umar Samiun Berkomitmen Naikkan Honor RT/RW dan Kader Posyandu

0
867
Img 20240506 182644
Lia Umar Samiun

LAMANINDO.COM, BAUBAU – Bakal calon Walikota Baubau, Lia Umar Samiun, berkomitmen meningkatkan honor ketua RT/RW jika ia terpilih sebagai walikota pada Pilwali Baubau 27 November 2024. Hal ini disampaikan oleh Tim Kerja Kamali (Kami Bersama Lia), Gunardih Eshaya.

Lia Umar Samiun tidak hanya fokus pada pemasangan alat peraga kampanye (APK), tetapi juga menjelaskan program-program yang akan ia laksanakan jika terpilih. Salah satunya adalah meningkatkan honor bagi ketua RT/RW, yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan masyarakat.

“RT/RW memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan menyosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat. Oleh karena itu, meningkatkan honor mereka merupakan cara untuk menghargai pekerjaan dan kontribusi mereka,” jelas Gunardih Eshaya, Senin (6/5/2024).

Selain meningkatkan honor, Lia Umar Samiun juga berencana memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada ketua RT/RW. Gunardih menegaskan bahwa perlindungan ini penting bagi para pekerja informal yang belum banyak tersentuh jaminan sosial ketenagakerjaan.

Rencana ini menunjukkan komitmen Lia Umar Samiun untuk memberikan perlindungan dan dukungan kepada ketua RT/RW, yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari segi kesejahteraan. Dengan BPJS Ketenagakerjaan, ketua RT/RW akan mendapatkan manfaat seperti jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Di samping itu, Lia juga akan memberikan perhatian khusus kepada kader posyandu, yang selama ini kurang mendapat apresiasi, terutama dalam hal honor. Kader posyandu berperan penting dalam menjaga kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan anak.

“Untuk teknis pelaksanaan dan besaran honor yang akan diberikan, masih akan dikalkulasi berdasarkan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tersedia. Namun, Ibu Lia berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan ketua RT/RW kita,” tambah Gunardih.

Saat ini, honor ketua RT di Kota Baubau adalah Rp 350 ribu per triwulan, sementara ketua RW menerima Rp 400 ribu per triwulan. Peningkatan honor ini akan memberikan insentif bagi ketua RT/RW untuk terus berkontribusi secara maksimal dalam tugas dan tanggung jawab mereka.

Lia Umar Samiun juga menegaskan bahwa rencananya tidak hanya terbatas pada peningkatan honor dan BPJS Ketenagakerjaan. Ia berencana untuk mendukung dan memperkuat peran ketua RT/RW dalam pemerintahan lokal. Rencana ini mencakup pelatihan dan penyuluhan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam memimpin masyarakat setempat.

Melalui program-program ini, Lia berharap dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketua RT/RW dalam memberikan layanan publik. Ia juga berkomitmen untuk membangun hubungan yang lebih baik antara pemerintah lokal dan masyarakat melalui peran ketua RT/RW.

Lia Umar Samiun juga berencana untuk berkolaborasi dengan organisasi-organisasi masyarakat sipil dan lembaga non-pemerintah untuk mendukung pengembangan masyarakat di tingkat lokal. Dengan bekerja sama, Lia berharap dapat mencapai visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Baubau.

Selain itu, Lia juga akan memberikan perhatian khusus kepada sektor kesehatan dan pendidikan di Kota Baubau. Ia berencana untuk memperluas akses pelayanan kesehatan dan pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat.

Lia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas infrastruktur kota, termasuk perbaikan jalan, akses air bersih, dan fasilitas umum lainnya. Peningkatan infrastruktur diharapkan akan memberikan dampak positif pada kualitas hidup masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemerintahan lokal, Lia berencana untuk memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Ia akan mengadakan forum-forum diskusi dan konsultasi dengan masyarakat untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan mereka.

Lia juga berencana untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahannya. Memperkuat mekanisme pengawasan dan pelaporan untuk memastikan bahwa kebijakan dan program pemerintah dijalankan dengan integritas.

Secara keseluruhan, rencana Lia Umar Samiun mencerminkan komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Baubau melalui peningkatan honor dan perlindungan bagi ketua RT/RW, serta dukungan terhadap sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Dengan pendekatan kolaboratif dan partisipatif, Lia berharap dapat mewujudkan visi Baubau yang lebih maju dan sejahtera. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini