Serahkan Sertifikat Tanah Aset Pemkab Busel, BPN Sultra Target Tanah Masyarakat Tuntas Tahun 2024

0
270

LAMANINDO.COM, BUSEL- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Ronald menyerahkan 37 sertifikat tanah kepada Pemkab Buton Selatan (Busel) yang diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Busel, La Ode Budiman, Selasa (29/03/2022).

Semua bidang tanah yang telah disertifikatkan oleh BPN Busel tersebut menjadi bagian dari aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel. Ke-37 sertifikat yang diserahkan itu merupakan tanah berdirinya Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan lapangan sebagai sarana olahraga masyarakat.

Andi Ronald juga mendorong Pemkab Busel untuk segera mensertifikatkan seluruh aset tanah daerah agar mendapat kekuatan hukum.

Sementara untuk sertifikat tanah milik masyarakat Sultra, termasuk Busel, Andi Ronald menargetkan akan tuntas sampai pada tahun 2024.

“Setiap tahun kami memiliki target. Dan target kami, pada tahun 2024 mendatang, seluruh tanah di Sultra sudah dapat terselesaikan untuk didata dan diukur bahkan bila perlu sudah disertifikatkan,” ujarnya.

Andi Ronald mengaku, saat ini pihaknya berupaya menuntaskan percepatan pendaftaran tanah di Sultra, termasuk di Busel. Dan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digaungkan Kementerian ATR/BPN RI memastikan seluruh tanah di Indonesia sudah terdata dan terukur di tahun 2024.

Andi Ronald merincikan, tahun 2022 ini BPN Busel akan menerbitkan sedikitnya 4.400 sertifikat tanah. Selain itu pula, terdapat 2.400 bidang tanah yang masuk dalam peta bidang tanah untuk kemudian diterbitkan sertifikatnya. Bahkan, sejauh ini BPN Busel telah menuntaskan pendataan dan pendaftaran tanah masyatakat sampai pada angkat 77 persen, sisanya sekitar 23 persen ditarger tuntas hingga tahun 2024. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini