Lepas Tukik Penyu, Presiden Jokowi: Ayo Jaga Ekosistim Laut Wakatobi

0
188

LAMANINDO.COM, WAKATOBI– Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Marina Togo Mowondu, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Kamis (09/06/2022).

Kunker tersebut dalam rangka membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022, dimana Wakatobi dipercaya sebagai tuan rumah.

Selain membuka kegiatan Rakernas GTRA Summit 2022, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi juga ikut melepasliarkan ribuan ekor tukik penyu kembali ke habitat aslinya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak semua elemen untuk menjaga kelestarian dan ekosistim laut Wakatobi. “Hari ini saya melepasliarkan tukik penyu untuk kembali kehabitat aslinya. Pelepasan tukik penyu ini untuk menjaga ekosistim laut kita, laut Wakatobi,” ujarnya.

Langka seperti ini menurut Jokowi, harus diikuti oleh daerah-daerah lain di Provinsi Sultra, bahkan seluruh di Indonesia. Pasalnya, kelestarian terumbu karang dan ekosistim laut menjadi aset yang sangat berharga bagi daerah dan Bangsa Indonesia.

“Untuk itu saya mengajak seluruh elemen masyarakat dan LMS Pemerhati Lingkungan Hidup untuk bersama-sama menjaga ekosistim laut dan kelestarian terumbu karang, khususnya di Wakatobi sebagai aset yang sangat berharga,” kata Jokowi.

Di ungkapkan Jokowi bahwa di Wakatobi ada 1,3 juta hektar yang menjadi taman nasional. Dan untuk menjaga kelestarian terumbu karang di laut Wakatobi, ada tim yang diterjunkan untuk melakukan transplantasi terumbu karang.

“Jadi hati-hati, jangan rusak terumbu karang di Wakatobi, karena ini menjadi aset yang sangat besar dan berharga untuk Provinsi Sulawesi Tenggara bahkan nasional dalam rangka membangun Ekonomi Biru ke depannya,” demikian Jokowi. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini