BPBD Baubau Data Kebutuhan Rumah Korban Kebakaran

0
198
La Ode Muslimin Hibali

LAMANINDO.COM, BAUBAU-Pasca kebakaran enam rumah di kawasan Pala 3, Jalan Gatot Subroto, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengajak masyarakat untuk ikut prihatin dan meringankan beban korban. Salah satunya dengan menyumbangkan kayu, papan dan atap untuk membangun kembali rumah yang dilahap api.

Setelah ramai dimuat media massa, ajakan itu tersebar luas hingga diketahui Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI). Salah seorang angota PB HMI pun meminta BPBD Baubau merinci berapa kebutuhan rehabilitasi enam rumah yang rusak tersebut.

“Kepala Bidang di PB HMI yang saya kenal orangnya menelepon dan mengatakan coba rincikan kebutuhan atap, papan dan kayu mudah-mudahan kami bisa akomodir. Jadi tadi saya ke sana untuk meminta data itu,” kata Muslimin Hibali, Senin (27/2/2023).

Muslimin mengaku telah bertemu dengan salah seorang korban dan memintanya untuk segera mengestimasi kebutuhan pembangunan ulang masing-masing rumah.

“Saya sudah sampaikan kepada korban. Saya juga sudah sampaikan permintaan data ini bukan program dari pemerintah, tapi dari organisasi memasyarakatan yang juga merupakan mitra dari pemerintah,” tambahnya.

Muslimin mengaku bantuan dari Pemerintah Kota hingga masyarakat terus mengalir kepada para korban, khususnya bantuan kebutuhan pokok sehari-hari, berupa beras, telur, mie instant dan pakaian layak pakai. Namun disisi lain para korban sampai saat ini masih mengungsi dirumah keluarga masing-masing.

“Hari ini mereka masih memasak terpencar-pencar di rumah keluarga, tidak ada dapur umum di sana. Untung di sana ada kerabat dekat. Hanya saja mereka membutuhkan naungan secepatnya, apalagi sebentar lagi akan masuk bulan puasa,” imbuhnya.

Muslimin menambahkan ruang bagi para dermawan untuk membantu korban kebakaran masih terbuka luas. Bagi warga yang ingin menyalurkan bantuan bisa langsung ke lokasi bencana di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan BWI, Kecamatan Wolio.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini