Pelni Dukung Peningkatan Pelayanan di Pelabuhan Murhum

0
128
Dicky Dermawandi

LAMANINDO.COM, BAUBAU- PT. Pelni Cabang Baubau mendukung upaya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau dalam meningkatkan pelayanan dan memperbaiki fasilitas Pelabuhan Murhum demi kelancaran dan keamanan naik turun penumpang maupun barang.

Kepala PT. Pelni Cabang Baubau, Dicky Dermawandi mengatakan, salah satu peningkatan layanan fasilitas tersebut antara lain agar adanya jalur khusus untuk aktivitas naik-turun barang sehingga bisa lebih tertib.

“Mengenai layanan penertiban barang oleh pihak Pelabuhan saya sangat mendukung supaya ada jalur khusus untuk alur barang, baik itu barang general kargo maupun barang bawaan penumpang sehingga bisa lebih tertib. Pelni sangat mendukung perbaikan fasilitas di Pelabuhan Murhum,”tutur Dicky Dermawandi, Senin (5/6/2023).

Ia juga mengatakan, agar kedepan sterilisasi pelabuhan bisa semakin baik sehingga tidak ada lagi orang-orang yang tidak berkepentingan bisa masuk sampai ke dermaga.

Disamping itu Dicky berharap, fasilitas X-Ray di Pelabuhan Murhum dapat kembali berfungsi dengan baik.

“Sehingga faktor-faktor keamanan di Pelabuhan maupun diatas kapal bisa ditingkatkan,” tuturnya.

Disisi lain, pria yang pernah menjabat Kepala Pelni cabang Ternate ini mengharapkan, kedepan volume bak penampung air tawar di Pelabuhan Murhum bisa ditambah dan pasokan airnya dapat lancar mengingat banyaknya kapal Pelni yang sandar.

“Kami harapkan untuk kedepan PDAM dan pengelola pelabuhan dalam hal ini KSOP bisa memfasilitasi supaya bendungan air di pelabuhan bisa mempunyai volume yang banyak dan lancar sehingga suplay air tawar ke kapal juga bisa semakin lancar,” harapnya.

Pun begitu Dicky mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi pihaknya pada angkutan lebaran Idul Fitri 2023 lalu, secara umum berlangsung dengan baik berkat sinergi semua instansi terkait baik itu KSOP, Kepolisian, TNI Angkatan Laut, Kantor Kesehatan Pelabuhan termasuk Pemkot Baubau.

“Jadi semuanya mendukung sehingga pelaksanaan angkutan lebaran relatif aman lancar,” tuturnya.

Ditambahkan Dicky, untuk saat ini jumlah penumpang Pelni dari pelabuhan Baubau masih mengalami peningkatan untuk beberapa tujuan daerah timur. Namun peningkatannya tidak terlalu signifikan dibanding angkutan lebaran Idul Fitri lalu.

“Tadi pagi KM. Dorolonda berangkat ke arah timur yaitu Namlea, Ambon, Ternate dan Bitung untuk penumpang naik sebanyak 1.200 orang dan penumpang turun sekira 500-an orang,” pungkasnya.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini