Pemkot Baubau Gelar Forum Investasi 2023

0
176

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Forum Investasi dipusatkan di Gedung Maedani Baubau, Senin (5/6/2023).

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan forum investasi ini merupakan iven promosi peluang investasi pertama yang diselenggarakan Pemkot Baubau dengan tujuan memperkenalkan kepada calon investor mengenai potensi dan peluang investasi di Kota Baubau beserta fasilitas kemudahan perizinan yang tersedia.

“Banyak potensi dan peluang investasi di Kota kita yang masih terbuka lebar. Baik dari potensi pariwisata, kelautan, perkebunan, dan sebagainya. Tinggal bagaimana kita menciptakan iklim investasi yang nyaman dan bersungguh-sungguh,” jelas Ahmad Monianse.

Dengan adanya Forum Investasi ini lanjut Wali Kota diharapkan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi untuk bersinergi antar pihak, terus menyiapkan data dan informasi, memonitor, mengelola dan memelihara iklim investasi agar terus berkembang dan meningkatkan perekonomian.

Mewakili Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Kementerian Investasi, Bahlil Lahadalia, Direktur Pelayanan Perizinan Sektor Non Industri, Edy Junaedi mengatakan, investasi merupakan hal penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang disebutnya dengan The Magic of Investment.

“Dengan masuknya investasi di suatu daerah maka akan membuka peluang kerja, peluang kerja medorong daya beli, dan pasti berujung pada pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Edy mencontohkan ada dua Kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia bahkan dunia sebagai dampak dari tingginya nilai investasi yang masuk, yakni Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Morowali.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kota Baubau Suarmawati mengatakan, Forum Investasi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat kerja sama dan koordinasi antar perangkat daerah dan stakeholders, khususnya bagi para mitra usaha seperti, Kadin, HIPMI, para pelaku usaha dan UMKM di Kota Baubau.

“Bersama mengelola persepsi positif perekonomian Kota Baubau dengan membuka akses informasi seluas-luasnya mengenai potensi dan peluang investasi untuk meningkatkan daya saing ekonomi daerah, menciptakan nilai tambah, serta sinergi kebijakan pembangunan perekonomian di antara pelaku kepentingan,” terangnya.

Forum Investasi Kota Baubau tahun 2023 ini tidak hanya dihadiri oleh stakeholder se-Sultra, namun juga diikuti oleh Konjen yang hadir secara virtual diantaranya dari Inggris, Singapura, Jerman, Korea Utara, Swiss dan Hongkong.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini