Pemkot Baubau Optimis Capai Target Nilai Investasi

0
144
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (Tengah), Direktur Pelayanan Perizinan Sektor Non Industri, Kementerian Investasi/BKPM RI, Edy Junaedi (kiri) dan Kadis PMPTSP Baubau, Suarmawati (kanan).

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Target nilai investasi Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI tahun 2023 adalah sebesar Rp1.400 Triliun. Dari target itu Kota Baubau kebagian target investasi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp 325 Miliar yang juga harus dicapai hingga tutup tahun ini.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyebut pihaknya optimis akan mencapai target tahunan tersebut. Hal itu berdasarkan pada Laporan Kinerja Penanaman Modal (LKPM) triwulan I sampai dengan 5 Juni 2023, realisasi investasi Kota Baubau telah mencapai Rp79,21 Miliar. Capaian ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya membukukan Rp60,83 Miliar.

“Semoga kedepannya dukungan dari pemerintah baik pemerintah pusat, Provinsi, maupun pemerintah Kota, dunia usaha mulai dari UMKM hingga perusahaan besar dan semua stakeholder akan lebih meningkat lagi. Kita optimis realisasi ivestasi yang diberikan pemerintah Provinsi kepada Kota Baubau di tahun ini akan tercapai,” ungkap Wali Kota.

Capaian nilai investasi ini mendapat apresiasi dari Kementerian Investasi/BKPM RI melalui Direktur Pelayanan Perizinan Sektor Non Industri, Edy Junaedi yang melakukan kunjungan kerja di Kota Baubau, menghadiri Forum Investasi Kota Baubau, Senin (5/6/2023).

“Tapi jangan senang dulu, ini mungkin karena targetnya kekecilan, tahun depan kita tambah lagi. Paling tidak ini menunjukan bahwa DPTSP dan seluruh jajarannya sudah bekerja. Tinggal bagaimana dalam sisa waktu sembilan bulan kedepan ini bisa terus dipacu sehingga capai target,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Baubau, Suarmawati menyebutkan tidak sulit untuk mencapai target tersebut dikarenakan Baubau memiliki banyak potensi. Diantaranya dari sektor konstruksi dan manufaktur, perdagangan, jasa dan pariwisata yang merupakan sektor potensi investasi terbesar RUPM Kota Baubau tahun 2022.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini