Dipertan Baubau Masifkan Program Kedai

0
201
Kepala Dipertan Baubau, Muh. Rais

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dipertan) Kota Baubau akan memasifkan program Kedai atau Kebun dapur ibu di semua kelurahan sebagai upaya menekan beragam masalah yang dihadapi daerah.

Kepala Dipertan Baubau, Muh. Rais mengatakan, program Kedai yang belum lama ini dilaunching bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse adalah program penanaman sayur-sayuran memanfaatkan lahan kecil dengan sistem bedengan maupun wadah tanam polybag.

Menurut Rais, program yang digalakkan bekerjasama tim PKK dan Dasawisma ini dinilai mampu menekan berbagai masalah daerah antara lain inflasi, stunting, kemiskinan dan mendukung program Kota Sehat.

“Makanya kita mau perbanyak program Kedai di APBD-perubahan 2023. Tapi pertama kita khususkan di 12 Kelurahan stunting, kemudian tahun berikutnya kita upayakan semua kelurahan melaksanakan program ini,”ungkap Muh. Rais, Jum’at(9/6/2023).

Sebelumnya kata Rais, program Kedai telah melakukan panen perdana pada maret lalu di kebun PKK kecamatan Sorawolio. Hasil panen berupa cabai keriting, cabai besar, jagung pulut dan daun bawang.

Ia mengatakan, program kedai sudah berjalan di delapan kecamatan se-Kota Baubau. Kedepan, dengan dukungan anggaran, pihaknya akan membagikan bibit tanaman ditingkat kelurahan sehingga program Kedai bisa berjalan disemua wilayah. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini