Pj. Bupati Busel Berikan Bantuan Ternak Ayam Kampung Pada Lansia dan Disabilitas

0
242

LAMANINDO.COM, BUSEL- Momen Bahagia sejumlah Lanjut Usia (Lansia) dan Penyandang Disabilitas di Desa Bangun dan Desa Wawoangi Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan (Busel) dipertengahan tahun mendapatkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Melalui Program Bidang Kesejahteraan Sosial lewat Dana APBD yang melekat pada DPA Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan Tahun Anggaran 2023 para penerima dapat tersenyum lega karena bantuan mereka terealisasi pada selasa 13 Juni 2023.

Penyeragab bantuan berupa pakan ternak dan bibit ternak ayam kampung tersebut dipusatkan di Desa Bangun langsung dari tangan Pj. Bupati Buton Selatan Budiman.

Kepala Bidang Rehablitasi Sosial Dinas Sosial Buton Selatan Haryadi mengatakan, Bantuan UEP Lansia dan UEP Penyandang Disabilitas di tahun 2023 hanya ada di Kecamatan Sampolawa yakni Desa Bangun berupa UEP Lansia sebanyak 10 (sepuluh) Penerima Manfaat, sedangkan UEP Penyandang Disabilitas di Desa Wawoangi sebanyak 4 (empat) Penerima.

Para Lansia mendapatkan bantuan Bibit Ternak Ayam Kampung sebanyak 130 Ekor, dan Pakan Ternak berupa Konsentrat sebanyak 150 Kg. masing-masing Lansia mendapat jatah 13 ekor bibit ayam dan 15 kg konsentrat.

Sementara bagi empat Disabilitas juga mendapat bantuan serupa dengan jumlah yang sama pula 13 ekor ayam ternak dan 15 kg konsetrat.

“Jadi Per penerima manfaat mendapatkan Ayam Kampung sebanyak 13 Ekor, dan Konsentrat sebanyak 15 Kg. dan UEP Penyandang Disabilitas di Desa Wawoangi juga dengan jenis bantuan yang sama, dengan jumlah Ayam kampong sebanyak 52 Ekor, dan Konsentrat sebanyak 60 Kg,”jelasnya. Selasa,(13/6/2023).

Penyaluran bantuan terhadap lanjut usia dan disabilitas merujuk pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Disisi lain Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Disabilitas, menyebutkan bahwa Penyandang Disabitas juga memiliki hak yang sama seperti manusia normal pada umumnya yang memerlukan Pelayanan dan penanganan khusus.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini