Kota Baubau Raih Penghargaan Nasional Anugerah PPD 2023

0
231
Sekretaris Bappeda Baubau, Dahrul Dahlan menunjukkan piagam penghargaan PPD 2023 yang diberikan untuk Baubau.

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Kota Baubau meraih piagam penghargaan pembangunan daerah(PPD) 2023 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(Bappenas) sebagai 10 daerah dengan kategori perencanaan dan pencapaian daerah terbaik tingkat kota se-Indonesia.

10 kota peraih piagam PPD 2023 yaitu Kota Sukabumi, Palu, Semarang, Balikpapan, Baubau, Dumai, Makassar, Metro, Pagar Alam dan Payakumbuh.

Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah(Bappeda) Baubau, Dahrul Dahlan menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah berpartisipasi memberi dukungan kepada Baubau mulai dari penyiapan dokumen sampai dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) bersama tim survey.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungannya, sehingga Kota Baubau pada 14 Juni 2023 diundang oleh Kementerian PPN/Bappenas bersama 10 daerah lainnya baik tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten untuk menerima penghargaan sebagai daerah yang memiliki perencanaan dan pencapaian daerah terbaik melalui PPD tahun 2023,” ungkap Dahrul Dahlan, Rabu (21/6/2023).

Ia menjelaskan, penilaian PPD 2023 terdiri dari tiga aspek yaitu capaian pembangunan tahun 2022, inovasi yang dibuat tahun 2023 serta tahapan dan proses perencanaan pembangunan yang dilakukan tahun 2023 untuk tahun 2024.

Dari aspek capaian pembangunan 2022, diuraikan Dahrul, Baubau dapat memberi pencapaian signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi meski dua tahun terakhir dilanda Pandemi Covid-19. Dimana, yang tadinya pertumbuhan ekonomi masyarakat pada 2020 hanya -0,8 persen, dapat perbaiki sehingga mencapai 5,28 persen.

“Kemudian, dari (aspek) proses perencanaan yang kita lakukan terdapat konsistensi, dimana dokumen RPJMD konsisten dengan Renstra SKPD, RKPD dan sampai kepada Renja SKPD. Jadi, ada konsistensi dari sisi perencanaan dokumen,” jelasnya.

Lebih lanjut Dahrul mengatakan, sementara dari aspek inovasi, Baubau mengandalkan pentahelix konektivitas wilayah yaitu fokus pada jalan lingkar yang menghubungkan beberapa kecamatan. Dampaknya bagi masyarakat dapat mengefisienkan waktu dan lebih murah dari sisi biaya transportasi.

“Selain itu, pada presentase kita di Jakarta pada bulan Mei lalu, kita memberikan narasi bahwa jalan lingkar dibangun bisa mengkonekkan wilayah kabupaten sekitar Baubau. Jadi peran Baubau sudah cukup besar dan berat karena tidak hanya memainkan peran sebagai wilayah Baubau saja tetapi sudah memainkan peran untuk wilayah kepulauan Buton secara umum,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan bekal prestasi yang diraih tahun ini, pihaknya akan berupaya agar Baubau dapat masuk tiga besar perencanaan dan pencapaian daerah terbaik tingkat kota se-Indonesia pada 2024 mendatang.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini