Kota Baubau Dipilih Jadi Lokasi Mubes KKST Pusat

0
148
La Ode Ahmad Monianse

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Kota Baubau dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan Musyawarah Besar (Mubes) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Pusat yang rencana digelar di Villa Nirwana pada 27 – 29 Juli 2023.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, kepastian Baubau menjadi tuan rumah penyelenggaraan mubes, setelah pihaknya dihubungi lansung oleh Ketua Umum KKST Pusat, Syarifuddin dan Sekjennya, Muhammad Ilyas.

“Dimana, mereka menjajaki kemungkinan Kota Baubau sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Besar Kerukunan Sulawesi Tenggara se-Indonesia. Kemarin, kelihatannya sudah menetapkan Baubau sebagai tempat penyelenggaraan,” ungkap Ahmad Monianse, Jum’at  (30/6/2023).

Wali Kota mengatakan, mubes KKST Pusat akan dihadiri kurang lebih 300 sampai 500 delegasi dari seluruh Indonesia. Bahkan, beberapa perwakilan KKST dari luar negeri juga menyatakan kesediaannya hadir di Baubau.

Dikatakan Monianse, mubes KKST untuk memilih pengurus baru dan menetapkan program kerja. Pun begitu, pihaknya berharap, perjuangan Kepulauan Buton menjadi sebuah provinsi bisa masuk dalam agenda pembahasan pengurus KKST-Pusat.

“Mudah-mudahan salah satu agenda nanti sedapat mungkin mereka dapat memikirkan bagaimana masa depan Sulawesi Tenggara khususnya Kepulauan Buton untuk menjadi sebuah Provinsi,” ujarnya.

Wali Kota mengatakan, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan investasi di Baubau karena pihaknya diberi kesempatan untuk memaparkan potensi Baubau dihadapan tetamu yang hadir.

“Kami diminta memaparkan potensi Baubau dan kami sangat berharap diaspora Buton atau umumnya Sulawesi Tenggara yang sudah mapan, ingin berinvestasi di Baubau, maka kami siapkan karpet merah dan regulasi tidak berbelit-belit,” ujarnya.

Terkait kesiapan Baubau menjadi tuan rumah penyelenggaraan mubes kata Wali Kota, pada prinsipnya siap, termasuk dari sisi sarana dan prasarana.

“Kita mempunyai hotel yang cukup untuk para tamu. Kalaupun hotelnya kurang, banyak rumah keluarga karena yang datang ini sekaligus reuni keluarga, makanya memilih Baubau karena tidak sedikit dari pengurus KKST diperantauan, masih ada kaitan darah dengan keluarga besar di Baubau,” ujarnya.

Monianse menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk Kota Baubau menjadi tuan rumah penyelenggaraan mubes KKST-Pusat yang biasanya digelar di Jakarata.

Menurutnya, momentum itu juga menjadi peluang ekonomi bagi pelaku UMKM di daerah sehingga mereka dapat menyiapkan produk-produknya untuk ditawarkan kepada para delegasi mubes. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini