La Ode Budiman Buka Pelatihan dan Uji Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung

0
54

LAMANINDO.COM, BUSEL- Pelatihan dan Uji Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung dibuka secara resmi La Ode Budiman, SKM., M.MKes Pj. Bupati Buton Selatan di Gedung Baruga Arteak Coffee, Rabu (05/07/2023).

Kegiatan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung, hasil kerjasama Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buton Selatan, dilaksanakan mulai tgl 5 sd 8 Juli 2023.

Dalam sambutan Pj. Bupati Buton Selatan mengatakan bahwa bangunan gedung, yang merupakan wadah/tempat bagi manusia menjalankan berbagai kegiatannya, berdampak sangat vital dan strategis dalam membentuk watak, jati diri, dan produktivitas manusia, sehingga penyelenggaraannya harus diatur dan dibina agar terjaga kelangsungannya. Hal itu penting, karena sangat berguna dalam meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat, sekaligus untuk mewujudkan bangunan gedung yang fungsional, andal, berjati diri, serta seimbang, serasi, dan selaras dengan lingkungannya.

Penyelenggaraan bangunan gedung sendiri merupakan kegiatan pembangunan yang meliputi proses perencanaan teknis dan pelaksanaan konstruksi, serta kegiatan pemanfaatan, pelestarian, dan pembongkaran. Selain itu pula dalam Undang-Undang tentang Jasa Konstruksi menyatakan bahwa tenaga kerja yang melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi harus memiliki sertifikat keahlian.

“Keharusan memiliki sertifikat keahlian mencerminkan adanya tuntutan kualitas tenaga kerja yang kompeten sehingga pelatihan Pelaksana Bangunan Gedung yang terdiri dari pembekalan dan sertifikasi ini bertujuan untuk memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja yang berprofesi sebagai Pelaksana Bangunan Gedung,” tuturnya.

Setyo Jatmiko sebagai Ketua Panitia Pelatihan dan Uji Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (hari) hingga Sabtu, 8/7/2023 mendatang terdiri dari 3 (tiga) hari materi dan sehari Assesmen.

Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi, Peralatan dan Pengairan, Firman Akbar Syamaun, ST., M.Si pesertanya sebanyak 30 orang terdiri dari para Kontraktor, Konsultan dan ASN dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buton Selatan, tutupnya. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini