Pelni Baubau Angkut 110.497 Penumpang Hingga Juni 2023

0
184
Sejumlah penumpang hendak berangkat dari Pelabuhan Murhum Baubau menggunakan kapal PT. Pelni

LAMANINDO.COM, BUSEL- PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) Cabang Baubau mencatat telah mengangkut sebanyak 110.497 penumpang dari Pelabuhan Murhum selama periode Januari – Juni 2023.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Dicky Dermawandi mengatakan, jumlah penumpang yang diangkut menunjukkan tren peningkatan sekitar 20 hingga 25 persen.

“Tahun lalu terhitung sampai Desember kita mengangkut sebanyak 175.804 penumpang. Di tahun ini sepanjang Januari hingga Juni sudah sebanyak 110.497 orang,” ujar Dicky Dermawandi, Kamis (27/72023).

Kata Dicky, penumpang yang diangkut tersebut hampir ke semua daerah tujuan wilayah Indonesia dan rata-rata ramai.

“Kalau dari Baubau hampir seluruh tujuan ramai, baik ke arah Balikpapan, Nunukan dan Tarakan. Kemudian ke arah Makassar sampai Surabaya dan ke arah Ambon, Ternate dan Papua. Jadi kalau dari Baubau ini hampir semua tujuan ramai,” tuturnya.

Menurut mantan Kacab Pelni Ternate ini, kenaikan jumlah penumpang tersebut paling dipengaruhi karena pemerintah telah melonggarkan syarat perjalanan penumpang menggunakan moda transportasi laut.

Disamping itu menurutnya, karena moda transportasi di Kota Baubau dan daerah sekitarnya masih terbatas untuk tujuan luar Provinsi sehingga kapan Pelni menjadi pilihan.

“Selain itu, seiring berkembangnya jumlah penduduk praktis membuat mobilitas masyarakat juga menjadi semakin tinggi,” ujarnya.

Ia menyebut, jumlah armada Pelni yang menyinggahi Pelabuhan Murhum Baubau sebanyak 12 unit kapal yakni KM Tidar, KM Sirimau, KM Dobonsolo, KM Ciremai, KM Dorolonda, KM Sinabung, KM Lambelu, KM Leuser, KM Tilongkabila, KM Nggapulu, KM Labobar dan KM. Gunung Dempo.(**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini