UKW, Wartawan di Kepton Dinyatakan Kompeten

0
170

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Proses Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XI yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kota Baubau akhirnya tuntas. Selasa (15/8/2023).

Salah satu penguji Merson Simbolon menyatakan 18 Jurnalis di Kepulauan Buton termasuk dua tambahan peserta dari Kolaka dan Konawe berkompeten dan naik kelas dari grade sembelumnya.

“UKW angkatan XI Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan di Kota Baubau menghasilkan wartawa yang luar biasa dan semuanya dinyatakan berkompeten, ini sangat luar biasa dan jarang terjadi lulus 100 persen,” tutur Sekretaris PWI Sulawesi Utara itu.

Pertarungan pikiran, batin hingga psikologi mana kala tak lulus selama dua hari (14-15 Agustus) melaksanakan UKW terbayarkan pasca penguji mengumumkan hasil yang memuaskan.

Salah satu Peserta dari jenjang Madya pesan dan kesannya Jaspin wartawan dari Konawe menyatakan rasa terima kasihnya kepada penyelenggara dan penguji. Menurutnya selama ujian berlangsung banyak ilmu bermanfaat yang bisa Ia petik dan menjadi bekal menjalankan profesinya sebagai Jurnalis Profesional yang berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kami sangat terbantu sekali selama pelaksanaan ujian, Penguji banyak berbagi ilmu sehingga kami banyak tau,” ungkapnya.

Senada tanggapan dari jenjang Utama yang diwakili Ketua PWI Baubau La Ode Aswarlin merasakan hal sama seperti peserta lainnya yakni ketegangan selama proses berlangsungnya ujian. Namun pasca pengumuman rasa lega terbayarkan apalagi seluruh peserta dinyatakan berkompeten oleh penguji.

“UKW bagian dari ujian yang buat tegang dalam hidup, namun Alhamdulillah semuanya bisa lulus dan kompeten,” ungkapnya.

Saran Ketua terpilih Periode 2023-2026 ini, agar pesan Penguji menjalankan pedoman kerja UU Pers, KEJ serta PPRA (Pedoman peliputan ramah anak) dapat dilaksanakan secara professional oleh teman-teman jurnalis yang telah dinyatakan Kompeten.(adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini