Tabur Bunga, Bupati Buton Selatan: Tanda Penghormatan Kepada Para Pahlawan

0
447
Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, saat pelarungan bunga di pelabuhan Bandar Batauga

LAMANINDO.COM, BUSEL- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Pj Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Budiman, bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat yang hadir, melaksanakan upacara tabur bunga di pelabuhan Bandar Batauga. Upacara ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang berjuang dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Kamis 17 Agustus 2023.

Acara berlangsung di pelabuhan Bandar Batauga pada pagi hari ini, di mana warga dan pejabat daerah berkumpul untuk mengekspresikan rasa cinta dan penghormatan kepada para pahlawan. Taburan bunga di laut menjadi tradisi serentak yang dilakukan oleh seluruh peserta sebagai wujud penghargaan mendalam terhadap jasa-jasa pejuang kemerdekaan.

Para peserta upacara yang telah menyiapkan keranjang berisi bunga segar bergerak menuju dermaga sambil diiringi oleh lagu-lagu kebangsaan. Setelah penghormatan terakhir dilakukan, para peserta siap untuk melepaskan harumnya bunga ke laut.

Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, menjelaskan bahwa taburan bunga di laut adalah bentuk penghormatan dan mengenang kepada para pahlawan yang berjuang untuk mencapai kemerdekaan bagi tanah air.

“Dengan tindakan taburan bunga di laut, kami ingin menunjukkan rasa terima kasih kepada para pahlawan dan mengenang perjuangan mereka sepanjang sejarah, serta berharap hal ini menjadi amal kebaikan yang membawa berkah,” ucap Pj Bupati Busel La Ode Budiman.

La Ode Budiman menegaskan bahwa taburan bunga di laut melambangkan kesatuan dan kebersamaan dalam menghargai pengorbanan para pahlawan.

“Melalui perayaan ini, kami berharap untuk mengingatkan dan mendorong generasi muda untuk menghormati dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

La Ode Budiman, berharap, taburan bunga di laut ini dapat menjadi momen yang membangkitkan kesadaran dan cinta terhadap tanah air bagi seluruh masyarakat Busel. Selain itu, upacara ini bertujuan untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan dalam meneruskan perjuangan bangsa, serta mendidik generasi muda mengenai makna sejati dari kemerdekaan.

“Dalam semangat peringatan HUT RI yang ke-78, Pemerintah Daerah dan masyarakat diharapkan semakin peduli dan aktif berperan dalam membangun serta memperkuat Kabupaten Buton Selatan yang menjunjung nilai Bhinneka Tunggal Ika,” tutupnya. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini