Pakaian Adat Meriahkan Karnaval Budaya HUT Baubau

0
207
Pj Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si (tengah) bersama Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari, SE (kiri) Saat Menerima Peserta Karnaval Budaya di Panggung Utama Pantai Kamali

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Karnaval Budaya memperingati Haroana Baubau ke-482 tahun 2023 berlangsung meriah dengan balutan pakaian adat yang dikenakan para peserta karnaval, Sabtu (14/10/2023). Karnaval Budaya dikoordinir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Balitbang Kota Baubau.

Sejak pagi, peserta karnaval mulai berjalan dengan rute awal Lapangan Lembah Hijau menuju Jalan Muh Husni Thamrin, Jalan RA Kartini, Bank BNI, Jalan Yos Sudarso dan berakhir di panggung kehormatan di Pantai Kamali.

Tema karnaval Haroana Baubau adalah Taposaasaangu Te Ta Pekadhei Taporiaroaka. Peserta terdiri dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemerintah Kecamatan/Kelurahan, Organisasi Paguyuban, Satuan Pendidikan dan Perguruan Tinggi yang ada di Kota Baubau dengan mengenakan pakaian adat Buton serta pakaian adat Nusantara.

Sepanjang jalan diiringi dengan peragaan marching band dari beberapa sekolah di Baubau. Juga penampilan tiap kontingen yang melakukan perform kurang lebih 3 menit di panggung kehormatan yang dihadiri langsung oleh Pj Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si.

“Ini merupakan wujud dari kerja sama semua yang telah digaungkan bersama bahwa kerja bersama dan inilah wujudnya. Dan saya sangat berterima kasih kepada panitia, masyarakat Kota Baubau yang telah menyelenggarakan, tertib, sukses dan saya kira semoga kita semua selalu mendapat berkah oleh Allah SWT,” katanya.

Menurut Dr. Rasman Baubau adalah negeri tua, banyak budaya yang sangat berkembang dan terus dipelihara sehingga dengan merawat Kota Baubau bukan hanya merencanakan yang baru, juga revitalisasi nilai-nilai yang ada, kemudian dipelihara, implementasikan, diamalkan dengan sesungguh hati tanpa ada niat yang lain.

“Sehingga, Baubau terbangun sebagai negeri khalifatul khamis yang seperti diinginkan seluruh Masyarakat,” ujarnya.(**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini