Baubau Keciprat Bantuan Bedah Rumah Dari Pemprov Sultra

0
130
Siti Amalia Abibu

LAMANINDO.COM, BAUBAU- Kota Baubau dipastikan kebagian bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau bedah rumah yang bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) tahun anggaran 2023.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Baubau, Siti Amalia Abibu mengatakan, Kota Baubau kebagian program RTLH sebanyak 50 unit. Nilai bantuan tiap unit rumah senilai Rp50 juta.

“Berdasarkan hasil rapat para Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Se-Provinsi Sultra beberapa waktu lalu melalui program Gubernur Provinsi Sultra ternyata ada 14 Kabupaten dan Kota yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah, salah satunya Kota Baubau, ” ungkap Siti Amalia, Senin (30/10/2023).

Bantuan RTLH tersebut kata Amalia, berdasarkan Surat Keputusan (SK) kumuh masing-masing Kabupaten/Kota yang ditetapkan oleh Kepala Daerah masuk dalam kewenangan Provinsi di bawah 10 hektar.

Dikatakan, untuk bantuan program RTLH di Baubau akan difokuskan pada 4 kelurahan yakni Kelurahan Bataraguru, Tomba, Nganganaumala dan Kelurahan Wajo yang saat ini datanya sementara di verifikasi dan divalidasi oleh pihak Pemerintah Kelurahan.

“Lurah yang akan menetapkan keluarga sasaran berdasarkan kriteria rumah tidak layak huni dari segi kualitas fisik bangunan atap, lantai dan dinding yang tidak layak dan fasilitas fisik yakni sanitasi, air bersih dan jamban keluarga serta luas lantai rumah,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, program bantuan RTLH sudah disampaikan ke Bappeda Baubau untuk dikolaborasikan dengan program kemiskinan ekstrim Kota Baubau sehingga angka penurunan kemiskinan Kota Baubau dari sisi kebutuhan perumahan dapat dicapai.(**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini