Waburi Park, Desa Gaya Baru yang Bersinar di Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

0
966
Destinasi Wisata Waburi Park yang terletak di Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

LAMANINDO.COM, BUSEL– Desa Gaya Baru, yang terletak di Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), meraih prestasi membanggakan dengan masuk dalam 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI. Inisiatif lomba ini berasal dari Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan.

Desa Gaya Baru diresmikan sebagai Desa Wisata melalui surat keputusan Bupati Buton Selatan Nomor 464 tahun 2021. Pencapaian gemilang terus menghiasi desa ini, dengan meraih piagam penghargaan pada tanggal 4 Desember 2022, sebagai penyelenggara pengembangan wisata terbaik dalam lomba Desa Tematik “Tata Kelola Pemerintahan” di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menunjukkan ketekunan dalam mengembangkan sektor pariwisata, Desa Gaya Baru tidak berhenti di situ. Pada Februari tahun 2023, Desa ini turut berpartisipasi dalam lomba Anugerah Desa Wisata (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Prestasi ini tidak hanya memperkaya keindahan Desa Gaya Baru tetapi juga memberikan dorongan positif bagi perkembangan pariwisata di tingkat nasional.

Desa ini memiliki daya tarik utama berupa Wuburi Park atau Taman Waburi. Nama Waburi Park ini diambil dari tumbuhan endemik Desa Gaya Baru, Kamba Waburi (Bunga Waburi), yang memukau dengan keunikan 7 warna bunga dalam satu pohon tanpa campur tangan manusia.

Dengan luas sekitar 100×700 meter, Waburi Park telah menjadi aset berharga bagi Pemerintah Desa Gaya Baru. Dibuka mulai pukul 8.30 pagi hingga 10 malam, tempat ini menjadi ramai terutama pada akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Terletak sekitar 54 kilometer dari ibu kota Kabupaten, dengan waktu tempuh sekitar 100 menit melalui jalur darat, dan 62 kilometer dari Kota Baubau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, Desa Gaya Baru menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Pesona alam Desa Gaya Baru termasuk gunung, tebing, tanjung, pantai, dan keindahan laut yang mengundang untuk dieksplorasi. Selain itu, kekayaan budaya dan sejarahnya yang lestari terlihat dari situs Cerug (Liawaburi), yang menyimpan peninggalan sejarah berupa tumpukan tulang belulang manusia, gambar daun, dan stempel telapak tangan yang masih terjaga keasliannya.

Waburi Park dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo, lampu taman, papan nama, lapak jualan, titian, home stay, toilet, dan pos jaga, yang terus dikembangkan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Keindahan pemandangan dan kemampuan untuk menikmati senja membuat Desa Gaya Baru menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik. (berbagai sumber)

Editor: Sarmini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini