Pasca Dilantik jadi Legislator Baubau, Suardi Tancap Gas Dengar Suara Rakyat

0
941
DPRD BAUBAU, Legislator Baubau, Santos DPR, Pengacara Santos
Anggota DPRD Baubau, Muhammad Suardi SH MH.

LAMANINDO.COM, BAUBAU – Setelah resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau pada tanggal 27 Maret 2024, Muhammad Suardi SH MH, yang akrab disapa Santos, mulai mengemban tugasnya dengan penuh semangat. Beliau menggantikan Samsudin, anggota sebelumnya dari Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Murhum, Betoambari, dan Batupoaro dari Partai Berkarya. Langkah-langkah awalnya sebagai seorang legislator mencakup pengaturan reses untuk bertemu dengan konstituennya, sebuah langkah yang sangat penting dalam memperkuat hubungan antara wakil rakyat dan rakyat yang diwakilinya.

Kegiatan reses yang dilaksanakan oleh Santos tidak hanya sebagai formalitas rutin, tetapi juga sebagai wujud nyata dari komitmennya untuk mendengar dan mengakomodasi aspirasi masyarakat. Reses, yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 tahun 2024, difokuskan pada empat titik kelurahan dari tiga kecamatan di Dapil 1, yaitu Kelurahan Wameo RT III Kecamatan Batupoaro, Kelurahan Lipu Kecamatan Betoambari, Kelurahan Bone Bone, dan Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada pertimbangan geografis serta jumlah populasi yang signifikan di setiap wilayah tersebut.

Dilaksanakannya kegiatan reses ini pada bulan suci Ramadhan menambah dimensi kemanusiaan dari tindakan tersebut. Pada bulan yang penuh berkah ini, kegiatan reses menjadi momen yang lebih bermakna karena menunjukkan kepedulian dan kehadiran pemerintah dalam mendengarkan kebutuhan masyarakat, terutama dalam kondisi yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Keputusan Santos untuk melakukan reses di bulan Ramadhan juga menunjukkan pemahaman yang dalam akan kebutuhan dan sensitivitas masyarakat terhadap waktu dan kondisi tertentu.

Selama periode reses, Santos tidak hanya bertatap muka dengan masyarakat, tetapi juga mendengarkan secara aktif setiap keluhan, aspirasi, dan masukan yang disampaikan. Dalam suasana yang santai namun penuh kepedulian, beliau mendengarkan cerita-cerita dan pengalaman langsung dari masyarakat, yang memberikan gambaran nyata tentang kondisi sosial, ekonomi, dan politik di wilayah pemilihannya. Informasi yang diperoleh dari interaksi langsung ini akan menjadi landasan penting dalam merumuskan kebijakan dan program-program yang akan dilaksanakan selama masa jabatannya.

Tidak hanya sekedar mendengarkan, Santos juga memberikan penjelasan dan informasi mengenai proses legislasi serta tata cara mengajukan usulan dan aspirasi kepada lembaga legislatif. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam proses pembuatan kebijakan publik, sehingga tidak hanya menjadi objek, tetapi juga subjek yang memiliki peran aktif dalam pembangunan daerah.

Reses Dewan, DPRD Baubau, Legislator Baubau, Partai Berkarya.
Anggota DPRD Baubau, Muhammad Suardi bersama masyarakat saat melakukan reses untuk menyerap asprirasi masyarakat yang diwakili.

Dari kegiatan reses ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang kuat antara anggota DPRD dan masyarakat, sehingga kebijakan yang dihasilkan lebih representatif dan responsif terhadap kebutuhan nyata masyarakat. Santos sendiri telah menyatakan komitmennya untuk terus mendengar dan mengadvokasi aspirasi masyarakat, sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Kota Baubau secara keseluruhan.

Dengan demikian, langkah-langkah awal yang dilakukan oleh Muhammad Suardi SH MH atau Santos sebagai anggota DPRD Kota Baubau telah menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam melayani dan mewakili kepentingan masyarakat. Keberadaannya di DPRD diharapkan tidak hanya sebagai penentu kebijakan, tetapi juga sebagai pembawa harapan dan solusi bagi masyarakat yang mempercayakan amanahnya kepadanya.

“Saya hadir di sini untuk mendengar setiap suara dan aspirasi dari setiap warga Kota Baubau. Setiap masukan yang Anda berikan sangat berarti bagi saya dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. Bersama-sama, kita akan menciptakan perubahan yang positif dan memberikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kita,” kata Santos seperti saat bertatap muka dengan masyarakat selama kegiatan reses.

Dengan kata-kata tersebut, Santos menggarisbawahi komitmennya untuk menjadi suara bagi rakyat dan mengemban tanggung jawabnya sebagai anggota DPRD dengan penuh integritas dan dedikasi. (sr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini