Resmikan Empat Posyandu di Batuatas, Pj. Bupati Busel: Kader Kesehatan Harus Proaktif

0
594
Img 20240514 151142
Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman meresmikan Posyandu di Kecamatan Batuatas, pada Sabtu (11/5/2024).

LAMANINDO.COM, BATAUGA – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di pulau terdepan Buton Selatan (Busel), Pj. Bupati La Ode Budiman meresmikan empat Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Primer di empat desa berbeda di Kecamatan Batuatas, pada Sabtu-Minggu (11-12/5/2024).

Keempat Posyandu yang diresmikan orang nomor 1 di Busel itu adalah Posyandu Tolando Jaya, Posyandu Wacuala, Posyandu Taduasa, dan Posyandu Wambongi.

Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman bersama rombongan disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Batuatas.

Dalam sambutannya saat meresmikan Posyandu Wambongi, La Ode Budiman menyampaikan permohonan maaf kepada warga Desa Wambongi. Pasalnya, selama menjabat sebagai Pj. Bupati, baru kali ini pihaknya bisa bertatapmuka dan berdialog langsung dengan masyarakat Desa Wambongi. Kesibukan sebagai kepala daerah dan jarak tempu antara ibukota Busel, Batauga ke Pulau Batuatas yang cukup jauh menjadi alasan utama.

“Kendati demikian, saya sangat mengapresiasi antusiasme warga Desa Wambongi yang hadir dalam peresmian Posyandu ini. Harapan saya, dengan adanya Posyandu ini dapat memudahkan warga, terutama para ibu hamil dan ibu yang memiliki balita, untuk memeriksakan kesehatan mereka secara rutin,” ujar Budiman dalam sambutannya.

Posyandu memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, khususnya ibu dan anak. Untuk itu pihaknya berharap agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga setempat. “Sarana ini jangan hanya menjadi monumen, tetapi harus menjadi tempat yang aktif dan dipenuhi oleh warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Pj. Bupati La Ode Budiman juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dari para kader kesehatan dalam menjalankan program Posyandu. “Kader kesehatan harus proaktif mengajak ibu hamil dan orang tua untuk rutin memeriksakan kesehatan di Posyandu. Dengan begitu, kita bisa memastikan kesehatan ibu dan anak terjaga dengan baik,” tegasnya.

Warga Kecamatan Batu Atas menyambut baik peresmian Posyandu ini. Mereka berharap dengan adanya fasilitas kesehatan yang lebih dekat, mereka tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan dasar. “Ini sangat membantu kami, terutama para ibu yang harus rutin memeriksakan kehamilan dan kesehatan anak-anak,” kata salah seorang warga setempat.

Peresmian Posyandu di Kecamatan Batuatas ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Bumi Gajah Mada Busel, khususnya di wilayah terdepan yakni Pulau Batuatas. Pemerintah daerah juga berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan fasilitas kesehatan demi kesejahteraan masyarakat.

Img 20240514 150915
Pj. Bupati La Ode Budiman didampingi Pj. Sekda La Hardin dan para kepala OPD saat kunjungan kerja di Kecamatan Batutas.

Selain meresmikan empat Posyandu, kunjungan kerja (Kunker) ini juga menjadi ajang bagi pemerintah daerah untuk mendengarkan langsung aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Dialog interaktif dilakukan antara Pj. Bupati dengan warga, yang mencakup berbagai isu terkait kesehatan, infrastruktur, dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kunjungannya itu, Pj. Bupati La Ode Budiman didampingi Pj. Sekda Busel, La Hardin. Turut hadir para staf ahli bupati, para ssisten Setda Busel, serta para kepala OPD. Kehadiran para pejabat ini menunjukkan komitmen bersama pemerintah daerah dalam memberikan perhatian dan pelayanan maksimal kepada masyarakat di beranda Busel. (sr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini