Sukses Raih Gelar Doktor, Wartawan Berprestasi Asal Baubau Ini Bagikan Daging, Beras dan Makanan Gratis

0
2145
Img 20240616 123202 796
Dr. Fahmy Fotaleno saat membagikan beras dan makanan gratis kepada warga Kota Baubau.

LAMANINDO.COM, BAUBAU – Dr. Fahmy Fotaleno SIP MIKom, seorang mantan wartawan asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, yang kini berkarir di Jakarta, membagikan rezeki berupa makanan, daging kurban, dan beras gratis kepada warga kurang mampu. Kegiatan ini merupakan ungkapan syukur atas keberhasilannya menyelesaikan studi S3 di Universitas Sahid Jakarta.

Acara yang berlangsung selama dua hari pada 14-15 Juni 2024 tersebut diadakan di beberapa wilayah di Kota Baubau, termasuk kawasan Batulo, Tanah Abang, Tomba, Waramosio, dan Lakologou. Fahmy membagikan 250 bungkus makanan gratis dan 200 karung beras seberat 5 kilogram per karung, yang totalnya mencapai 1 ton. Selain itu, ia juga menyembelih satu ekor sapi sebagai hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada tetangga dan warga sekitar.

“Alhamdulillah, setelah menyelesaikan studi doktor (S3) di Sahid, saya sudah berniat untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan. Kegiatan ini juga dilakukan di Jakarta, dan saya merasa tidak lengkap jika tidak berbagi dengan orang di kampung halaman saya (Baubau),” ujarnya kepada wartawan pada Minggu (16/6/2024).

Profil Singkat Dr. Fahmy Fotaleno

Dr. Fahmy Fotaleno, yang akrab disapa Doktor Fino, adalah salah satu doktor termuda di Kota Baubau, dengan usia 35 tahun. Ia memulai karir sebagai wartawan di surat kabar harian Buton Pos selama empat tahun sebelum melanjutkan karir di Jakarta sebagai wartawan media nasional.

“Sambil bekerja di Jakarta, saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan dan alhamdulillah bisa selesai di usia yang masih cukup muda,” ungkapnya.

Dengan ilmu dan pengalaman yang didapat, Fahmy berharap dapat memberikan kontribusi pemikiran, ide, dan tindakan nyata bagi kemajuan kampung halamannya, Kota Baubau. Berbekal pengalamannya yang sudah keliling Indonesia hingga ke luar negeri, ia ingin memberikan kontribusi yang lebih besar di bidang pariwisata, industri, budaya, olahraga, dan sektor lainnya di Kota Baubau.

“Banyak hal menarik yang saya lihat selama menjadi wartawan nasional dan sering liputan ke berbagai daerah serta ke luar negeri. Saya ingin hal-hal tersebut juga bisa diterapkan di Kota Baubau,” kata Doktor Fino.

Harapan dan Kontribusi

Doktor Fino berharap dapat terus memberikan kontribusi yang lebih besar di masa depan. Ia menyatakan bahwa setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar dan berkontribusi lebih banyak.

“Semoga dengan usaha dan doa, kesempatan yang lebih baik akan datang sehingga saya dapat memberikan yang terbaik dalam setiap aspek di Kota Baubau. Semoga niat baik ini menemukan jalannya,” harapnya.

Img 20240616 123230 336
Dr Fahmy Fotaleno (kanan) bersama keluarga istri di Jakarta.

Karir dan Prestasi Dr. Fahmy Fotaleno

Dr. Fahmy Fotaleno memulai pendidikan tinggi di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (UHO) dan lulus pada tahun 2009. Ia melanjutkan studi Magister Ilmu Komunikasi yang lulus pada tahun 2019 dan kemudian meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Sahid pada tahun 2024.

Karir jurnalistiknya dimulai di Surat Kabar Buton Pos di Kota Baubau dari tahun 2009 sampai 2012, kemudian di Fajar.co.id di Jakarta pada tahun 2012-2013, Majalah GATRA pada tahun 2013-2017, dan akhirnya di Okezone (MNC Group) sebagai Editor Liputan Khusus dari tahun 2017 hingga 2019. Saat ini, ia menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Indozone.id dan juga Dosen Jurnalistik di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Prestasi yang pernah diraihnya termasuk Juara I Lomba Karya Tulis Coremap Buton, Juara Favorit Lomba dan Juara III Lomba Karya Tulis Otda Kemendagri Tingkat Nasional, serta berbagai fellowship journalism baik di tingkat nasional maupun internasional. Selama menjadi wartawan di Majalah GATRA, ia melakukan liputan indepth dan investigasi tentang berbagai isu besar seperti jatuhnya pesawat AirAsia dan kasus korupsi yang melibatkan tokoh-tokoh nasional.

Selain aktivitas jurnalistik, Fahmy juga hobi olahraga seperti sepakbola dan bola basket, serta memiliki ketertarikan di bidang musik. Meski sibuk, ia tetap menyempatkan diri untuk berolahraga dan bermain musik guna menjaga kebugaran dan menghilangkan stres. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini