Gubernur Sultra Ajak Seluruh Stakeholder Kawal Pemberian Imunisasi Lengkap

0
205

LAMANINDO.COM, KENDARI– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), pada Rabu (18/05/2022), di Kendari. Pencanangan ini dalam rangka mendukung terwujudnya Indonesia Bebas Polio tahun 2026 dan eliminasi penyakit global 2023.

Pencanangan BIAN Sultra dan Kota Kendari dipimpinan langsung Gubernur Sultra yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Harmin Ramba. Turut hadir Asisten I Setda Kota Kendari Agus Salim, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, Plt Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sultra, Ketua TP PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr. Putu Agustin Kusumawati, para camat dan lurah se Kota Kendari.

Gubernur Sultra dalam sambutannya yang dibacakan Harmin Ramba menjelaskan, pencanangan BIAN bertujuan untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi dan merata sebagai upaya mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Pelaksanaan imunisasi dilakukan secara terintegrasi kepada anak usia 9 bulan sampai 12 tahun serta pemberian imunisasi kepada usia 12 tahun sampai 59 tahun.

Dikatakan, pemberian imunisasi merupakan salah satu upaya mewujudkan generasi yang sehat dan produktif menuju Sultra Sehat Tahun 2024. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen mendukung agenda pengendalian penyakit global kategori penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

“Saya meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kanwil Agama, Dinas Kesehatan, dan seluruh stakeholder maupun komponen masyarakat agar memastikan pemberian imunisasi lengkap sesuai yang dianjurkan,” tandasnya. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini