La Ode Budiman Apresiasi Tampilan Stand Pameran Dinas Sosial

0
206
Bupati Buton Selatan Apresiasi Tampilan Stand Pameran Dinas Sosial

LAMANINDO.COM, BUSEL- Bupati Buton Selatan La Ode Budiman Secara Resmi membuka Acara Expo HUT Busel Ke-9 Tahun 2023 ditandai dengan Pemukulan Gong di Lapangan Lakarada Batauga. Selasa,(18/7/2023)malam.

Kegiatan akbar tersebut dihadiri sejumlah unsur Forkopimda, Ketua DPRD Kabupate Buton Selatan dan Seluruh Kepala OPD Buton Selatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Setelah membuka Acara Expo, Bupati Buton Selatan didampingi Ibu Ketua TP PKK Buton Selatan, Unsur Forkopimda, Ketua DPRD Buton Selatan, Pj Sekretaris Daerah, para Staf Ahli, dan Asisten Lingkup Pemkab Buton Selatan langsung meninjau ke masing-masing Stand Pameran.

Dalam Kunjunganya di Stand Pameran Dinas Sosial, Bupati La Ode Budiman mengapresiasi tampilan yang disajikan oleh Crew seperti turut serta membantu memberdayakan dan memasarkan Produk Tenunan Buton hasil karya Penerima Bantuan UEP Lansia dan KUBE FM dari desa Karae Kecamatan Siompu yang beberapa tahun lalu telah dibantu, La Ode Budiman Juga mengapresiasi Dinsos Busel membuka Layanan Langsung Pengecekan DTKS, PBI-JK dan KIP bagi Masyarakat Umum.

Disamping itu Dinsos Busel juga menampilkan beberpa kegiatan yang ditampilkan melalui Dokumentasi/Foto-foto kegiatan mulai dari Kunjungan Bapak Presiden R.I Ir.Joko Widodo, yang didamping Bapak Gubernur Sulta Ali Mazi dan Pj.Bupati Busel La Ode Budiman saat menyerahkan secara langsung BLT PKH pada masa Covid-19 di Kantor Pos Batauga.

Kepala Dinas Sosial Buton Selatan La Salimu, menyampaikan foto-foto kegiatan di ajang EXPO ini diharapkan dapat dilihat langsung Masyarakat secara luas.”Kami Crew Dinsos sepenuhnya bekeja secara maksimal membantu masyarakat Miskin yang masuk dalam Kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS, melaui Apilkasi SIKS-N,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Haryadi menjelaskan secara rinci kepada Bupati Buton Selatan mengenai Foto-foto kegiatan yang ditampilkan pada Stand Dinsosdi ajang EXPO Tahun ini. “Seluruh Jajaran Dinsos telah bekerja secara maksimal memfasilitasi PPKS untuk memperoleh bantuan, baik bantuan melalui Dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi serta Sumber Dana Dari Kementerian Sosial RI dan DIPA dari Sentra Meohai Kendari,” ungkap Haryadi.

Lanjutnya, Bantuan yang Bersumber dari Dana APBD Busel antara lain diberikan kepada Masyarakat/PPKS UEP Lansia dan Penyandang Disabilitas, UEP PEKKA, KUBE FM dan KUBE bagi Karang Taruna, dan BLT Inflansi.

Sementara Bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi berupa BLT BBM bagi Penyandang Disabilitas, Dan Dana yang bersumber dari Kemensos RI. berupa Bantuan PKH, BPNT/Bantuan Sosial Pangan, BLT BBM, BLT bagi Anak Yatim, Piatu dan Yatim Piatu ( YAPI ), Buffer Stock bagi Korban Bencana,KIP dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK).

Adapun bantuan Dana yang bersumber dari Sentra Meohai Kendari berupa Bantuan ATENSI bagi PPKS yang terbagi dalam 6 (enam) Klaster serta Menyediakan Pelatihan dan Keterampilan bagi Penyandang Disabilitas Rungu Wicara, dan Penyandang Disabilitas Sensorik Netra dalam Asrama selam 6 (enam) bulan tanpa dipungut biaya alias Gratis.(**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini