Tekan Inflasi, Siswa di Sultra Dilibatkan Tanam Sayuran

0
123
Tekan Inflasi, Siswa di Sultra Dilibatkan Tanam Sayuran

LAMANINDO.COM, KENDARI- Pimpinan kepala sekolah khususnya SMU-SMK dan SLB sederajat di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung instruksi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra untuk melakukan penanaman cabai, tomat, bawang dan jenis sayuran lainnya di sekolah dan pekarangan rumah masing-masing.

“Seruan bagi siswa dan guru untuk menanam tanaman pangan tiga jenis hortikultura itu sebagai salah satu upaya menekan laju inflasi di daerah,” kata Kepala SMU Negeri 4 Kendari, Liyu.

Menurut Liyu, instruksi Kadis Dikbud untuk seluruh SMU/SMK dan SLB melakukan penanaman cabai, tomat dan bawang sudah mendapat respon luar biasa bagi seluruh kepala sekolah di 17 kabupaten kota di Sultra.

“Jadi di minggu pertama bulan ini, kami sudah bergerak cepat dengan menyampaikan para guru dan seluruh siswa agar melakukan persemaian bibit. Bisa dilakukan persemaian di sekolah maupun persemaian di pekarangan rumah,” ujarnya.

Setelah bibit itu tumbuh lalu dipindahkan dalam satu wadah plastik bekas, dan berusia 20 hari lalu dilakukan penanaman masal menjelang Hari Guru Nasional (HGN) pada 25 November 2023 mendatang.

Menurut Liyu, khusus di SMU Ngeri 4 Kendari, pihaknya masih memiliki lahan pekarangan yang memadai yang bisa menanam bibit tanaman cabai, tomat maupun bawang hingga 10 ribu pohon.

“Areal pekarangan di sekolah yang bisa ditanami masih ada seluas 5.000 an meter persegi (setengah hektare), meskipun dalam bentuk spot-spot. Karena tidak semua sekolah memiliki lahan yang luas, maka siswa bisa menanam di pekarangan rumah masing-masing,” kata Liyu.(**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini