Upaya Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran, Ini yang Dilakukan Pemkab Busel

0
110
La Ode Budiman

LAMANINDO.COM, BATAUGA – Dalam rangka mengantisipasi fluktuasi harga bahan kebutuhan pokok yang mungkin terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) akan melaksanakan pemantauan secara intensif di Pasar Bandar Batauga, seperti yang akan dilakukan pada hari Minggu besok (31/3/2024). Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi dan untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok selama periode Hari Besar Keagamaan Nasional.

Sebelumnya, Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman menyampaikan pentingnya menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, terlebih mengahadapi momen lebaran seperti sekarang ini. “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa masyarakat Kabupaten Buton Selatan dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan tenang dan nyaman, tanpa harus khawatir akan lonjakan harga bahan pokok yang tidak terkendali,” ujar La Ode Budiman.

Menurut La Ode Budiman, tim pemantau harga akan terdiri dari berbagai pihak terkait, termasuk dari Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah. Mereka akan melakukan survei secara berkala di Pasar Bandar Batauga untuk memantau pergerakan harga bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan telur.

“Kami akan bekerja sama dengan pedagang dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan transparansi dan keterbukaan dalam setiap langkah yang kami ambil. Kami juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam memberikan informasi terkait dengan perubahan harga atau kelangkaan bahan pokok yang mereka alami,” kata La Ode Budiman.

Langkah-langkah konkret akan diambil berdasarkan hasil pemantauan tersebut, termasuk koordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan ketersediaan pasokan dan mengambil tindakan preventif jika diperlukan. Pemerintah juga akan memberikan informasi secara terbuka kepada masyarakat mengenai hasil pemantauan dan langkah-langkah yang diambil untuk menjaga stabilitas harga.

“Kami memahami bahwa Hari Raya Idul Fitri adalah momen penting bagi masyarakat untuk berkumpul dan merayakan bersama keluarga. Oleh karena itu, kami akan berusaha sekuat tenaga untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi semua warga Kabupaten Buton Selatan,” tegas La Ode Budiman.

Dengan demikian, upaya pemantauan harga bahan pokok di Pasar Bandar Batauga menjadi bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat selama periode Hari Besar Keagamaan Nasional, sehingga semua dapat merayakan dengan damai dan sejahtera.

Tidak hanya pemantauan harga bahan kebutuhan pokok di pasaran, Pemkab Busel juga berencana akan menggelar pasar murah pada Senin (1/4/2024) besok. Ini juga merupakan salah satu instrumen untuk mengendalikan inflasi di Bumi Gajah Mada Busel. (sr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini