Pj. Bupati Busel Sidak di Pasar Rakyat, Harga Sembako Terpantau Stabil

0
31
Bupati Busel, Buton Selatan, La Ode Budiman
Pj. Bupati Buton Selatan La Ode Budiman

LAMANINDO.COM, BATAUGA – Pada momentum mendekati ldul Fitri 1445 H, Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, bersama dengan Pj. Ketua TP PKK, Yuniar, serta Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Rakyat Bandar Batauga dan Pasar Rakyat Sampolawa, pada Minggu (31/3/2024).

Menurut Budiman, tujuan utama dari sidak pasar ini adalah untuk mengawasi dan mengendalikan kenaikan harga sembako yang kerap terjadi menjelang Hari Raya Lebaran, yang dapat memicu inflasi. Dia juga menekankan bahwa TPID secara rutin melakukan langkah-langkah untuk menekan harga, bahkan setiap minggu, sebagai upaya pencegahan terhadap kenaikan harga yang signifikan.

Hasil kunjungan tersebut menunjukkan bahwa harga sembako di Pasar Rakyat Bandar Batauga masih relatif stabil, bahkan beberapa komoditas mengalami penurunan harga. Namun, Budiman mencatat adanya kenaikan harga telur ayam menjadi Rp 64.000 per rak dari harga sebelumnya sebesar Rp 60.000 per rak.

Di Pasar Rakyat Sampolawa, hampir semua jenis komoditas mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Misalnya, komoditas ikan dijual dengan harga yang lebih rendah dari biasanya, menunjukkan adanya tekanan harga yang signifikan.

Budiman menegaskan komitmennya untuk terus memantau dan mengawasi kenaikan harga beberapa komoditas menjelang Hari Lebaran. Dia juga berjanji untuk mengambil tindakan preventif guna menjaga stabilitas harga dengan melakukan pemantauan dan pengawasan secara rutin setiap pekan oleh OPD teknis yang tergabung dalam TPID Buton Selatan.

Pihak berwenang juga mengajak para pedagang dan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga stabilitas harga di pasar lokal, dengan mematuhi aturan dan menghindari praktik spekulasi harga yang dapat merugikan konsumen.

Selain itu, Budiman menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, pedagang, dan masyarakat dalam menjaga stabilitas harga demi kesejahteraan bersama.

Kondisi ekonomi yang stabil di pasar lokal tidak hanya memberikan manfaat bagi konsumen, tetapi juga membantu memperkuat ketahanan pangan dan stabilitas ekonomi daerah secara keseluruhan.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, pihak berwenang akan terus melakukan langkah-langkah strategis dan proaktif guna menjaga stabilitas harga dan memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat selama periode menjelang dan pasca Hari Raya Lebaran.

Dengan demikian, upaya bersama untuk menjaga stabilitas harga di pasar lokal akan terus diupayakan guna meningkatkan kesejahteraan dan keamanan pangan bagi seluruh masyarakat Buton Selatan. (sr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini