Busel Expo 2024: Dinas Kesehatan Sediakan Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga

0
99
Img 20240603 104222 136
Stand Dinas Kesehatan yang dipadati warga untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.

LAMANINDO.COM, BATAUGA – Dalam rangka Pameran Pembangunan Busel Expo 2024 yang diselenggarakan untuk memperingati dua tahun kepemimpinan La Ode Budiman sebagai Penjabat Bupati Buton Selatan (Busel), Dinas Kesehatan Busel turut berpartisipasi dengan membuka layanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Acara ini berlangsung di lapangan Lakarada, Kecamatan Batauga, selama tiga hari mulai 23 hingga 25 Mei 2024.

Stand Dinas Kesehatan menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi selama pameran berlangsung. Masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan tanpa biaya. Layanan yang disediakan antara lain pemeriksaan tekanan darah, cek kolesterol, cek gula darah, serta pemeriksaan kesehatan umum lainnya.

Salah seorang pengunjung, Lisa, mengungkapkan kegembiraannya bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis ini. “Saya sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan gratis ini. Saya bisa memeriksa tekanan darah dan gula darah tanpa harus ke puskesmas,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Busel, Hasriadi menyatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan. “Kami berharap dengan adanya layanan ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan rutin memeriksakan diri,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa layanan ini diharapkan dapat menjangkau semua kalangan masyarakat, terutama mereka yang sulit mengakses fasilitas kesehatan.

Antusiasme masyarakat terhadap layanan kesehatan gratis ini terlihat dari panjangnya antrean di stand Dinas Kesehatan. Tim medis yang bertugas bekerja keras untuk memastikan semua pengunjung mendapatkan pelayanan terbaik. “Kami sudah menyiapkan berbagai peralatan medis dan obat-obatan yang diperlukan, serta tim medis yang siap melayani dengan ramah dan profesional,” tambah Hasriadi.

Selain pelayanan kesehatan gratis, Busel Expo 2024 juga menampilkan berbagai produk unggulan daerah, pameran pembangunan, serta hiburan rakyat. Acara ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, serta mempromosikan potensi daerah Buton Selatan kepada khalayak luas. Produk-produk lokal seperti kerajinan tangan, makanan khas, dan produk pertanian dipamerkan di berbagai stand yang ada.

Img 20240603 102947 801
Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman bersama tamu undangan saat malam penutupan Busel Expo 2024.

La Ode Budiman, Penjabat Bupati Busel, menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi aktif Dinas Kesehatan dalam pameran ini. “Partisipasi Dinas Kesehatan dengan menyediakan layanan kesehatan gratis sangat membantu masyarakat dan menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan warganya,” ungkapnya.

Ia juga berharap Busel Expo 2024 tidak hanya menjadi ajang pameran pembangunan, tetapi juga sarana edukasi dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kehadiran berbagai stand dan kegiatan edukatif diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang berbagai isu penting, termasuk kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat semakin termotivasi untuk hidup sehat dan proaktif dalam menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Edukasi mengenai pola hidup sehat dan pencegahan penyakit juga diberikan oleh para petugas kesehatan di stand tersebut, memberikan informasi yang sangat berharga bagi pengunjung.

“Kami ingin menunjukkan bahwa pemerintah hadir dan peduli terhadap kesehatan masyarakat. Ini adalah langkah kecil yang bisa memberikan dampak besar bagi kesejahteraan warga,” pungkasnya.

Dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan dukungan penuh dari pemerintah daerah, Busel Expo 2024 berhasil mencapai tujuannya sebagai wadah interaksi dan edukasi yang bermanfaat bagi seluruh warga Buton Selatan. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini