SMA Negeri 2 Siompu Siap Didirikan: Akses Pendidikan Meningkat di Buton Selatan

0
679
Img 20240623 014404
Tim Verifikasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra yang dipimpin Kabid SMA, Asikin Fasihu didampingi para tokoh intelektual dari Kecamatan Siompu saat meninjau lokasi untuk pembangunan gedung SMAN 2 Siompu.

LAMANINDO.COM, BATAUGA – Pembangunan SMA Negeri 2 Siompu di Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan, segera diwujudkan. Hal ini terkonfirmasi melalui kunjungan Tim Verifikasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (29/5/2024).

Tim ini dipimpin oleh Asikin Fasihu, Kepala Bidang SMA, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra untuk meninjau langsung kesiapan lahan dan aspek pendukung lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir sejumlah tokoh penting, antara lain Wakil Ketua DPRD Buton Selatan, H. Pomili Womal, Akademisi/Dosen UHO Kota Kendari, Dr. La Maronta Galib, Dr. Dahlan, Kepala Bappeda Buton Selatan, Amir Sarlito Womal, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buton Selatan, La Amirudin, Mulyadi, Kepala Badan Litbang, La Dati (Ketua MKKS Buton Selatan), Haruddin (Camat Siompu), serta para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, juga unsur pemerintah desa se-Kecamatan Siompu.

Inisiatif pendirian SMA Negeri 2 Siompu berasal dari tokoh masyarakat setempat, seperti H. Pomili Womal, La Amirudin, Amir Sarlito Womal, Mulyadi, serta La Bimba, selaku Kepala Desa Kaimbulawa beserta masyarakatnya, Mahmud Tongku, Ketua BPD Desa Waindawula, dan PGRI Kecamatan Siompu. Mereka telah menyediakan lahan seluas 1,5 hektar dengan persiapan siswa sebanyak 36 orang dan dukungan ruang belajar sementara sebanyak tiga ruang kelas belajar (RKB) di SMPN 2 Siompu.

Asikin Fasihu dalam sambutannya menyatakan, pendirian sekolah ini sudah sangat layak dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. “Kami melihat langsung kondisi di lapangan dan dapat memastikan SMA Negeri 2 Siompu siap untuk didirikan. Semua syarat administrasi dan teknis telah terpenuhi, sehingga kami akan segera melaporkan hasil verifikasi ini kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra untuk penerbitan izin operasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Asikin Fasihu menegaskan, dengan adanya SMA Negeri 2 Siompu, diharapkan dapat meningkatkan akses pendidikan menengah atas bagi masyarakat di Kecamatan Siompu dan sekitarnya. “Pendidikan adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik. Dengan hadirnya SMA Negeri 2 Siompu, kita berharap dapat mencetak generasi muda yang lebih berpendidikan dan siap bersaing di masa depan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Buton Selatan, H. Pomili Womal menyampaikan apresiasinya atas dukungan berbagai pihak dalam mewujudkan pembangunan sekolah ini. “Kerja sama antara masyarakat, pemerintah, dan tokoh-tokoh penting di daerah ini sangat luar biasa. Ini membuktikan bahwa dengan kebersamaan, kita bisa mencapai tujuan yang besar,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, para tokoh adat, agama, dan masyarakat setempat juga menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pembangunan dan perkembangan SMA Negeri 2 Siompu. Mereka berharap dengan berdirinya sekolah ini, anak-anak di Kecamatan Siompu tidak perlu lagi menempuh jarak jauh untuk mendapatkan pendidikan menengah atas.

Dengan semua persiapan yang telah dilakukan, diharapkan SMA Negeri 2 Siompu bisa mulai menerima siswa baru pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pendirian sekolah ini diharapkan tidak hanya memberikan akses pendidikan yang lebih baik, tetapi juga mendorong perkembangan daerah dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Buton Selatan. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini