Panwaslu Kecamatan Betoambari Lantik Lima Anggota PKD

0
273
Img 20240603 215615 856
Pose bersama lima anggota PKD dengan anggota Panwaslu Kecamatan Betoambari dan Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Baubau serta aparat keamanan.

LAMANINDO.COM, BAUBAU – Panwaslu Kecamatan Betoambari resmi melantik lima orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD) pada Sabtu (1/6/2024). Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Betoambari, La Adi SPd, didampingi Anggota Panwaslu Kecamatan Betoambari La Pulo SP, Muhammad Arif Afandi SIK MAP dan Kepala Sekretariat, Fifi Nur Fitria, serta dihadiri Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Baubau, Ikhwaluddin Raziki SSTP.

Dalam upacara pelantikan yang berlangsung khidmat, La Adi menekankan pentingnya profesionalisme dan pelayanan yang humanis dalam menjalankan tugas pengawasan. “Kami berharap para anggota PKD yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan integritas, serta memberikan pelayanan yang humanis kepada masyarakat,” ujar La Adi dalam sambutannya.

PKD, atau Panwaslu Kelurahan/Desa, adalah lembaga yang berwenang mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tingkat kelurahan atau desa. Tugas PKD meliputi pengawasan terhadap seluruh proses pemilihan, mulai dari tahapan pendaftaran pemilih, kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara.

Para anggota PKD yang baru dilantik ini akan bertugas memastikan seluruh proses pemilihan berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Mereka juga bertanggung jawab untuk menindaklanjuti laporan atau temuan terkait pelanggaran pemilihan di wilayah masing-masing.

Dalam arahannya, La Adi juga mengingatkan pentingnya netralitas dan independensi anggota PKD. “Sebagai pengawas pemilihan, kita harus tetap netral dan tidak memihak. Tugas kita adalah memastikan proses pemilihan berjalan adil dan transparan,” tegasnya.

Pelantikan ini merupakan bagian dari upaya Panwaslu Kecamatan Betoambari untuk memperkuat pengawasan tahapan Pilkada Kota Baubau maupun Pilkada Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di tingkat kelurahan dan desa. Dengan adanya PKD yang kompeten dan berintegritas, diharapkan potensi pelanggaran pada Pemilihan Walikota (Pilwali) Baubau dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra dapat diminimalisir dan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilihan dapat meningkat.

Adapun lima anggota PKD yang dilantik adalah La Sini (PKD Kelurahan Katobengke), Ira (PKD Kelurahan Lipu), La Body, SPd (PKD Kelurahan Sulaa), Erwin Darmawang (PKD Kelurahan Waborobo) dan Imran Owe (PKD Kelurahan Labalawa).

Para anggota PKD yang dilantik ini telah melalui proses seleksi yang ketat. Mereka diharapkan dapat bekerja dengan baik dan menjalin koordinasi yang efektif dengan berbagai pihak terkait, termasuk Panwaslu Kecamatan, aparat keamanan, serta masyarakat setempat.

Dengan pelantikan ini, Panwaslu Kecamatan Betoambari optimis dapat mengawal jalannya Pilkada Serentak 2024 dengan lebih baik dan memastikan setiap tahapannya berlangsung sesuai dengan prinsip demokrasi dan aturan yang berlaku.

“Semoga dengan dilantiknya anggota PKD yang baru ini, kita dapat mewujudkan pemilihan yang jujur, adil, dan bermartabat,” tutup La Adi. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini