Inflasi Jadi Perhatian Serius Pemkab Buton Selatan

0
561
Sekda Buton Selatan
Sekda Buton Selatan, La Ode Budiman

LAMANINDO.COM, BATAUGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan terus berupaya mengendalikan inflasi daerah. Melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus memantau dan menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengatasi permasalahan inflasi di Bumi Gajah Mada Buton Selatan

Menjelang hari raya Idul Adha ini, Pemkab Buton Selatan kembali menggelar rapat koordinasi bersama TPID yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) La Ode Budiman membahas masalah inflasi dan upaya penanganannya pada Jumat, 14 Juni 2024.

Rapat yang digelar di Aula kantor Bupati Buton Selatan itu dihadiri dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buton Selatan, Zainal, serta Staf Ahli Bupati Buton Selatan Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Kaimudin.

“TPID adalah tim yang dibentuk oleh pemerintah daerah untuk memantau dan menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengatasi permasalahan inflasi di daerah,” ujar La Ode Budiman.

Menurut La Ode Budiman, sejauh ini Pemkab Buton Selatan juga telah mengambil berbagai langkah untuk mengatasi inflasi, seperti mengadakan pasar murah, meningkatkan hasil produksi, mempermudah masuknya barang impor, menstabilkan pendapatan masyarakat melalui penetapan upah yang layak, menetapkan harga maksimum, serta melakukan pengawasan dan distribusi barang.

Ia juga menyoroti faktor-faktor yang menyebabkan inflasi. “Kenaikan harga beberapa komoditas seperti telur, cabai, dan daging ayam berkontribusi signifikan terhadap inflasi di Indonesia, termasuk di Kabupaten Buton Selatan,” ungkapnya.

La Ode Budiman menjelaskan, inflasi terjadi akibat meningkatnya permintaan total terhadap barang dan jasa serta kenaikan biaya produksi. “Kenaikan biaya produksi menyebabkan barang yang ditawarkan mengalami kenaikan harga. Selain itu, meningkatnya jumlah uang yang beredar dalam masyarakat juga dapat menyebabkan inflasi,” tambahnya.

“Secara umum, inflasi diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dengan langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh TPID selama ini, kami berharap dapat menjaga stabilitas harga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Buton Selatan,” tutupnya. (adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini